Hai Sobat Info Beasiswa! Menjadi pemimpin adalah dambaan dari banyak orang. Banyak orang yang ingin punya keinginan menjadi pemimpin, entah menjadi pejabat, menjadi atasan di tempat kerja, atau bahkan sekadar pemimpin dalam lingkup kecil misalnya ketua kelompok di kampus.

Namun ada pula orang yang sebaliknya, justru enggan menjadi pemimpin. Bukan berarti mereka gak mau, tapi lebih karena merasa gak pede menjadi pemimpin. Dalam benak mereka, memimpin itu pekerjaan yang berat dan butuh keahlian khusus, maka mereka merasa gak mampu.

Pernahkah kamu merasa seperti itu? Wajar kalau pernah. Tapi jika suatu saat nanti kamu mendapat kesempatan dan kepercayaan untuk menjadi pemimpin, kamu gak perlu merasa gak pede. Kenapa? Ini dia lima alasannya.

1. Gak perlu bakat dari lahir, kepemimpinan itu bisa dilatih kok

Banyak orang mengira bahwa untuk bisa menjadi pemimpin yang baik itu butuh bakat alias kemampuan bawaan dari lahir. Memang, ada orang yang sifat dan kemampuan bawaannya sangat cocok untuk jadi pemimpin yang baik. Tapi bukan berarti setiap orang harus punya bakat dulu supaya bisa jadi pemimpin.

Kepemimpinan itu bisa dilatih kok. Sifat-sifat yang dibutuhkan pemimpin yang baik itu misalnya jujur, percaya diri, komunikatif, disiplin, berpendirian teguh, dan lain sebagainya. Apakah semua sifat itu harus kamu punya dari lahir? Tidak! Kamu bisa melatihnya kok.

Demikian pula dengan kemampuan yang dibutuhkan, misalnya mampu mengatur waktu, problem solving, mampu mengambil keputusan, dan lain-lain. Itu semua pun bisa kamu latih. Jadi jangan khawatir kalau kamu merasa gak punya bakat memimpin, karena memimpin memang gak mutlak butuh bakat.

Baca Juga : 6 Penyebab Usaha yang Kamu Keluarkan Tidak Sebanding dengan Hasilnya

2. Kamu takut membuat kesalahan? Semua pemimpin pun pasti berbuat salah!

Atau kamu mungkin ragu menjadi pemimpin karena takut membuat kesalahan, misalnya salah mengambil keputusan. Keputusan yang salah memang bisa merugikan orang-orang yang kamu pimpin. Tapi itu gak harus jadi alasan untuk takut memimpin.

Alasannya? Karena semua pemimpin pasti pernah berbuat salah! Bisakah kamu sebutkan satu nama pemimpin yang gak pernah membuat kesalahan sama sekali? Pasti gak bisa. Maka jangan ragu jadi pemimpin hanya karena takut salah. Yang penting, kamu selalu belajar memperbaiki diri supaya kesalahan yang kamu buat bisa diminimalisir.

3. Menjadi pemimpin gak bergantung pada gender

Buat kamu yang cewek, apakah kamu ragu menjadi pemimpin hanya karena kamu perempuan? Jika ya, singkirkan perasaan itu. Menjadi pemimpin gak ada hubungannya dengan gender. Hanya karena kebanyakan pemimpin adalah pria, bukan berarti wanita gak bisa jadi pemimpin yang baik.

Wanita punya kelebihan yang gak dimiliki pria lho. Misalnya, wanita biasanya lebih luwes dalam bergaul. Kemampuan itu sangat penting bagi seorang pemimpin supaya dia bisa menjalin hubungan baik dengan orang yang dipimpin. Artinya, terkadang wanita bisa jadi pemimpin yang lebih baik daripada pria lho! Jadi kenapa harus minder?

Baca Juga : 8 Prodi S1 Ini Cuma Ada Satu di Indonesia, dari Katering hingga Nuklir

4. Menjadi pemimpin gak bergantung pada umur atau pengalaman

Selain gender, umur pun bukan jadi tolok ukur apakah seseorang bisa jadi pemimpin yang baik atau tidak. Banyak orang yang masih berusia muda tapi bisa jadi pemimpin yang baik. Pemimpin yang masih muda justru punya keunggulan dari pemimpin yang sudah tua, yaitu fisik yang lebih segar, ide-ide yang lebih fresh, serta semangat yang lebih menggebu-gebu.

Bagaimana dengan pengalaman? Itu pun bukan syarat mutlak. Selama kamu mau belajar dari sebanyak mungkin orang termasuk mereka yang sudah pengalaman, kamu pasti bisa jadi pemimpin yang baik.

5. Kalau kamu dipercaya, itu artinya kamu punya kualitas

Masih gak pede juga? Mungkin kamu sudah berusaha memperbaiki diri dan melatih berbagai sifat dan skill yang dibutuhkan, tapi kamu masih merasa belum cukup mampu. Kalau perasaanmu seperti itu, sadarilah bahwa jika kamu memang telah mendapat kepercayaan jadi pemimpin, maka itu sebenarnya pertanda bahwa kamu punya kualitas.

Mungkin kamu sendiri gak menyadarinya. Itu wajar karena kadang kita memang gak bisa melihat kelebihan diri sendiri. Mungkin justru orang lain yang bisa melihatnya, karena itulah mereka mempercayakanmu jadi pemimpin. Maka hapuskan rasa mindermu. Lihat ke dalam dirimu dan sadarilah bahwa kamu sebenarnya punya potensi jadi pemimpin yang baik!

Itulah lima alasan mengapa kamu gak perlu takut menjadi pemimpin. Maka lain kali kamu dapat kesempatan dan kepercayaan untuk jadi pemimpin, kamu pasti tahu apa yang harus kamu lakukan. Jangan biarkan perasaan gak pede mencegahmu untuk jadi pemimpin yang baik!

Sumber : Idntimes.com

Komentar