Hai Sobat Info Beasiswa! Emosi dapat menutup hati dan logika. Ini penyebab mengapa seseorang dilarang bertindak dan mengambil keputusan saat emosi. Apa yang keluar dari pikiran dan mulut tak akan selaras dengan kenyataan yang ada. Masih ada lagi sebab lain yang membuat kita gak boleh mengambil keputusan saat emosi. Berikut penjelasan lengkapnya!

1. Pemikiran rasional yang tidak berjalan lancar

Saat emosi pemikiran rasional manusia tidak berjalan lancar, ini yang mengakibatkan banyak sekali kesalahan terjadi ketika kita melakukan banyak hal di saat yang bersamaan dengan perasaaan marah. Pemikiran ini bisa meliputi hal sederhana hingga rumit, jadi harus diingat dengan baik nih biar gak akan ada lebih banyak kesalahan yang tercipta.

Baca Juga : 8 Jurusan Kuliah Ini Cocok buat Kamu yang Kurang Suka Ilmu Hitung

2. Emosi membuat kita mencari perlindungan

Keputusan yang dibuat saat emosi gak akan memuaskan hati sebab kondisi marah membuat kita mencari perlindungan. Jika di kelilingi orang yang salah saat emosi dan mereka memberi dukungan, maka ini akan menjadi pemicu awal kesalahan tercipta. Akhirnya rasa kecewa dan menyesal pun muncul di kemudian hari.

3. Tindakan lain gegabah yang berdatangan

Keputusan keliru yang terlanjur dibuat gak bisa diperbaiki semudah membalik telapak tangan, ujung-ujungnya ada banyak tindakan gegabah yang juga berdatangan. Layaknya susunan domino yang jatuh dan runtuh satu per satu, kamu pun akan dibuat pusing memperbaiki kesalahan karena keputusan keliru saat emosi.

Sebab apa yang kamu putuskan saat emosi gak sejalur dengan logika dan mengikuti bagaimana pengaruh orang lain bukan diri sendiri.

Baca Juga : 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Bahagia Dahulu Supaya Hidupmu Bisa Berubah

4. Kekerasan verbal dan non verbal akan menggebu-gebu

Emosi bukan hanya semata-mata melibatkan interaksi kekerasan fisik atau non verbal, tapi kekerasan juga bisa berupa verbal atau perkataan yang kasar. Bila dibiarkan emosi bukan hanya berdampak buruk pada keputusan yang kamu buat, tapi juga perkataan yang nanti saat kamu sadar baru akan menyesal. 

5. Mempersulit masalah dan diri sendiri

Keputusan tentu bukan sesuatu yang mudah untuk dilakukan, saat dalam keadaan sadar saja sudah bikin pusing apalagi jika saat emosi. Jika ada yang mengambil keputusan di saat dirinya emosi sama saja kamu mempersulit masalah jadi semakin rumit dan diri sendiri juga makin gak karuan.

Jangan melempar tanah di air yang keruh bila tidak bisa menjernihkannya kembali.

Emosi seperti api besar yang harus direndam bukan justru semakin dibesarkan. Kalau kamu sedang emosi, tenangkan diri dan hentikan dulu interaksi dari orang lain biar gak terjadi keputusan yang gak diinginkan.

Sumber : Idntimes.com

Komentar