Hai Sobat Info Beasiswa! Dalam hidup, kita memang tidak boleh cepat merasa puas. Terlalu cepat puas bisa membuat kita gak mau memperbaiki diri, atau ogah meningkatkan kualitas hidup padahal sebenarnya kita mampu. Akhirnya hidup pun seperti jalan di tempat, tidak ada kemajuan. Atau yang lebih parah, hidup kita malah mengalami kemunduran dan jadi semakin buruk.

Tapi mari ingat satu hal: tidak boleh cepat puas bukan berarti kita tidak boleh puas. Cepat merasa puas memang gak baik, tapi tidak pernah puas juga sama buruknya. Maka seraya terus memperbaiki diri, kamu juga perlu belajar caranya berpuas dengan apa yang sudah kamu lakukan dan kamu raih. Ini dia 5 alasan kenapa kamu perlu melakukan itu.

1. Rasa puas gak akan datang kalau dicari, tapi harus diciptakan

Pada dasarnya, manusia memang sulit merasa puas. Kita selalu ingin lebih dan lebih, meskipun apa yang kita miliki sudah cukup. Jika kita terus mencari dan mencari sambil berharap suatu saat bisa merasa puas, kemungkinan besar itu gak akan berhasil.

Puas berasal dari sudut pandang yang benar, bukan dari keadaan. Sesempurna apa pun hidupmu, kamu tetap gak akan puas kalau sudut pandangmu belum tepat. Itulah sebabnya kamu perlu belajar merasa puas, artinya belajar menyesuaikan sudut pandang. Kalau itu tidak kamu lakukan, sampai kapan pun kamu gak akan pernah bisa puas.

Baca Juga : 6 Tips Sederhana Agar Target-Target Hidupmu Bisa Tercapai

2. Tanpa rasa puas, kamu akan capek sendiri

Memangnya kenapa kalau kita gak pernah merasa puas? Tentu saja ada banyak efek negatifnya. Salah satunya kita jadi capek sendiri. Contohnya kalau kamu gak pernah puas dengan kekayaan yang kamu miliki dan terus-menerus banting tulang untuk mencari lebih banyak uang, pasti kamu bakal capek kan?

Atau misalkan kamu sudah punya skill yang hebat untuk melakukan sesuatu, tapi kamu gak pernah puas dan terus memaksakan diri untuk jadi lebih baik. Pasti energimu akan banyak terkuras, dan itu bisa membuatmu sakit. Apa manfaatnya kalau kamu berhasil meraih impian tapi kamu gak bisa menikmatinya karena sakit-sakitan?

3. Pikiranmu pun akan stres dan terbebani

Perasaan gak pernah puas bukan hanya buruk bagi tubuhmu, tapi mentalmu juga. Kalau kamu terus-menerus dihantui pikiran soal apa yang harus kamu lakukan supaya jadi lebih baik dan lebih baik, kapan kamu bisa rileks dan menikmati hidup? Yang ada justru kamu stres sendiri dan bahkan bisa depresi. Belajarlah merasa puas untuk menghindari kemungkinan buruk itu.

Baca Juga : 5 Aktivitas Ringan yang akan Membuat Harimu Lebih Produktif

4. Dengan merasa puas, kamu akan lebih banyak bersyukur

Perasaan tidak pernah puas juga akan menghambatmu untuk bersyukur. Bukannya bersyukur, bisa jadi kamu malah terus mengeluh dan mengeluh. Hidupmu jadi dipenuhi aura negatif dan tentunya kamu jadi gak bisa menikmati hidup.

Sebaliknya, jika kamu berpuas dengan keadaanmu saat ini, kamu akan punya banyak alasan untuk bersyukur. Itu akan memberimu ketenangan batin dan perasaan bahagia. Pastinya, hidup yang bahagia adalah hidup yang kamu inginkan, bukan?

5. Dengan merasa puas, kamu juga bisa lebih banyak membantu orang lain

Rasa puas juga akan membuatmu tidak terlalu fokus pada dirimu atau duniamu sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang kehidupannya tidak seberuntung kamu. Kalau kamu terus-menerus mencari kepuasan diri, kapan kamu bisa membantu mereka?

Dengan merasa puas pada hidupmu, kamu bisa mengalihkan fokusmu pada orang lain yang lebih membutuhkan. Itu termasuk teman, kerabat, bahkan orang yang gak kamu kenal. Membantu orang lain gak hanya bermanfaat bagi mereka lho, tapi bagi kamu juga. Kamu pasti akan lebih bahagia jika lebih banyak memberi!

Itulah 5 alasan mengapa kamu perlu belajar merasa puas. Kesimpulannya, kamu perlu seimbang. Jangan terlalu cepat puas sehingga kamu malas untuk memperbaiki diri, tapi jangan pula terlalu sulit puas sehingga hidupmu gak bahagia. Yuk, kita upayakan hal itu!

Sumber : Idntimes.com

Komentar