Hai Sobat Info Beasiswa! Sebagian besar, seseorang yang lulus dari bangku perkuliahan tentu sudah memiliki dream-job masing-masing. Akan tetapi, untuk mencapai hal tersebut tentu bukan hal yang instan. Apalagi dengan semakin ketatnya persaingan, tak sedikit lulusan yang dilema karena sulit langsung mendapat pekerjaan.

Namun, daripada memusingkan diri dan ikut-ikutan galau, lebih baik kamu take action dan melakukan 6 hal sederhana berikut. Dijamin deh anti lama nganggur!

1. Jangan menjadi pemilih

Seringkali, setelah lulus kuliah seseorang dibebani gelar yang kini mereka sandang. Alhasil, banyak yang lebih mementingkan gengsi ketimbang pengalaman.

Nah, agar tak terlalu lama menjadi pengangguran, jangan sepelekan pekerjaan yang tampak remeh. Untuk mencapai tempat yang kamu inginkan, kamu harus mulai dari bawah. Apa pun peluang dan kesempatan yang ada, jangan dilewatkan!

2. Waktunya bersih-bersih akun media sosialmu

Coba kamu perhatikan dan teliti kembali feed sosial media kamu, pastikan bahwa foto dan unggahan-unggahanmu, terutama yang terbaru, tak ada yang membuatmu tampak tak profesional. Karena sosial media bersifat publik, maka kamu harus membuat orang yang melihat memiliki kesan positif terhadapmu.

Baca Juga :  5 Sikap yang Harus Kamu Punya Saat Menuntut Ilmu

3. Jangan lupa, update alamat emailmu

Mengingat email sering digunakan sebagai media pengiriman lamaran dan berkas-berkas, kamu juga harus memastikan bahwa alamat email tak membuat seseorang hilang feeling. Perbarui alamat emailmu jika masih terkesan lebay dan acak-acakan. Karena selain terlihat tak pantas, mungkin saja mereka menyimpulkan kamu gagap teknologi.

4. Wawancara melalui Skype, bersikaplah seolah kamu sedang berhadapan langsung

Walaupun komunikasi hanya dilakukan melalui panggilan video, sebisa mungkin berpakaianlah seolah kamu bertemu secara face-to-face, dari ujung kepala hingga kaki. Walau pakaianmu tak mungkin tampak keseluruhan, hal tersebut dapat membantu meningkatkan rasa percaya dirimu.

Baca Juga : 5 Alasan Kamu Harus Belajar Merasa Puas, Biar Lebih Bahagia!

5. Usai melakukan wawancara, lekas ucapkan terima kasih

Yup! Secepat mungkin kamu harus mengutarakan rasa terima kasihmu pada pewawancara, bahkan jika mungkin kirimi pesan atau email secara personal. Selain akan membuatmu tampak berkarakter, ucapan tersebut juga membuat pewawancara merasa diapresiasi. Mungkin saja ia akan respek padamu, siapa tahu?

6. Namun yang terpenting, jangan terpengaruh penilaian orang

Selama periode mancari pekerjaan, inilah hal yang justru membuat seseorang menghabiskan banyak waktu. Terlalu banyak pertimbangan, mayoritas orang tak bisa menghilangkan pikiran seperti “Sukses menurut orangtuaku begini, dan begitu,” atau “Pekerjaan yang keren bagi teman-teman bukan yang seperti ini.” Acuhkan saja!

Walaupun pekerjaanmu diremehkan oleh orang di sekitar, jangan ragu. Selama bersedia dan mampu untuk pekerjaan tertentu, why not?

Gampang banget kan tips-tips di atas? Nah, kalau beberapa hal tersebut sudah kamu lakukan, siap-siap deh cepet dapat panggilan kerja. Good luck guys!

Sumber : Idntimes.com

Komentar