Hai Sobat Info Beasiswa! Dalam menjalani hidup, semua orang pasti senantiasa ingin terus menjadi lebih baik. Menjadi orang yang begitu-begitu saja gak hanya membosankan, tapi juga bisa membuat kita gagal mencapai berbagai keinginan. Maka dalam karier, asmara, pertemanan, maupun hal lain, kamu perlu berusaha untuk terus berkembang.

Namun untuk bisa terus berkembang, yang dibutuhkan bukan hanya usaha, tapi juga mindset yang tepat. Tanpa pola pikir yang benar, kamu bisa kehilangan motivasi dan malas untuk berubah. Maka inilah lima mindset yang harus kamu miliki supaya bisa terus berkembang jadi lebih baik.

1. Menjadi lebih baik untuk diri sendiri, bukan orang lain

Faktor utama yang harusnya menjadi alasanmu berkembang adalah demi kebaikan dirimu sendiri. Memang, keinginan untuk membahagiakan orang lain juga bisa memberi semangat. Namun jika itu yang jadi tujuanmu, ada kemungkinan kamu malah akan kehilangan motivasi suatu saat nanti.

Itu karena orang lain suatu saat bisa meninggalkanmu. Atau mungkin tidak meninggalkan, tapi berkonflik denganmu. Jika itu terjadi, kamu bisa kehilangan motivasi untuk membahagiakan mereka dan akhirnya berhenti berjuang menjadi lebih baik. Tapi jika kamu melakukannya untuk diri sendiri, kamu akan selalu punya alasan untuk terus berusaha.

Baca Juga : 5 Tips Menjadi Mahasiswa yang Berkualitas dengan Skill Mumpuni

2. Menjadi lebih baik dibandingkan diri sendiri, bukan orang lain

Selain punya tujuan yang tepat, kamu juga harus punya perbandingan yang tepat. Berkembang menjadi lebih baik tidak berarti kamu harus jadi lebih baik dibandingkan orang lain. Memang gak ada salahnya kalau kamu bisa jadi lebih baik dari orang lain, tapi selalu membandingkan dirimu dengan orang lain juga bisa membuat semangatmu menurun.

Sekeras apa pun usahamu, pasti akan selalu ada orang yang lebih baik darimu pada bidang-bidang tertentu. Kalau fokusmu adalah mengalahkan orang lain, kamu bisa kecil hati menghadapi kenyataan itu. Maka tetapkanlah target untuk menjadi lebih baik dari dirimu yang dulu, bukan lebih baik dari orang lain.

3. Gak harus menjadi yang terbaik, tapi melakukan yang terbaik

Tanamkan juga dalam pikiranmu bahwa kamu gak harus menjadi yang terbaik di suatu bidang. Kalau kamu bisa mencapainya, tentu itu bagus. Tapi jangan anggap itu keharusan, karena kamu bisa kecewa dan menyerah kalau itu gagal terwujud. Selama kamu mengerahkan kemampuanmu yang terbaik, kamu pasti bisa berkembang jadi lebih baik.

Baca Juga : 6 Tips Menjawab Pertanyaan Saat Presentasi Sidang Skripsi

4. Tidak ada kata terlambat untuk berkembang

Motivasi untuk berkembang juga bisa lenyap kalau kamu berpikiran bahwa sudah terlambat bagimu untuk menjadi lebih baik. Itu adalah mindset yang keliru. Berapa pun usiamu, gak ada kata terlambat untuk berkembang. Maka jangan ragu untuk mulai berusaha sekarang juga.

5. Lebih baik gagal daripada tidak mencoba

Tentu, usaha untuk mengembangkan diri gak selalu berjalan mulus dan menghasilkan kesuksesan. Misalnya pada saat ingin mengembangkan karier, tentu ada berbagai kesulitan yang bisa kamu hadapi. Bahkan kegagalan pun sewaktu-waktu bisa menghampiri.

Tapi jangan biarkan kemungkinan buruk membuatmu takut untuk berusaha. Ingat bahwa lebih baik mencoba lalu gagal daripada tidak mencoba sama sekali. Pada saat mengalami kegagalan, kamu tetap dapat pengalaman dan pelajaran berharga. Tapi kalau kamu menyerah sebelum berusaha, kamu gak akan dapat apa-apa kan?

Itulah lima mindset yang perlu kamu tanamkan dalam pikiran supaya bisa terus berkembang. Berusahalah untuk selalu jadi lebih baik dari hari ke hari, supaya kamu bisa mencapai berbagai impian dan bisa berbahagia!

Sumber : Idntimes.com

Komentar