Hai Sobat Info Beasiswa! Apakah kamu termasuk orang yang ingin hidup hemat? Namun sayangnya, hal ini tak pernah terwujud? Bisa jadi, kamu kekurangan motivasi.

Nah, agar kamu tak melulu gagal menjadi orang yang lebih hemat, berikut adalah 5 motivasi yang bisa membuat kamu terapkan agar bisa hidup lebih hemat. 

1. Sebelum menghamburkan uang coba bayangkan dirimu dalam keadaan darurat dan tak punya simpanan sama sekali, pasti seram sekali kan?

Apa jadinya jika dalam keadaan darurat kamu tidak memiliki simpanan sama sekali? Pastinya, masalah yang kamu hadapi akan semakin banyak juga, kan? Oleh karena itu, setiap kali kamu ingin menghamburkan uang, cobalah ingat kembali hal ini! Jangan sampai sifat borosmu di masa sekarang hanya akan mempersulit keadaanmu di kemudian hari.

Baca Juga : 5 Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan Selama Nganggur, Yuk Coba!

2. Kamu mau hidup damai, kan? Makanya jangan jadi orang yang boros!

Kalau kamu ingin hidup damai jangan boros, ya. Kenapa begitu? Karena kebanyakkan orang  yang hidup boros akan selau berhadapan dengan yang namanya hutang. Nah, kalau sudah terlilit dengan hutang, apa mungkin bisa menjalani hidup dengan damai? Tentu tidak, kan. Oleh karena itu, kalau kamu ingin menjalani hidup dengan tenang dan damai, kontrol keinginan belanjamu!

3. Ingin lebih disayang sama pacar? Jadilah orang yang hemat

Ternyata, orang yang hemat lebih menarik di mata pacar mereka, loh. Bahkan, tak jarang mereka akan jauh lebih memilih orang yang hemat untuk dijadikan sebagai pasangan hidup. Hal ini dikarenakan, mereka yakin bahwa ketika memilki pasangan yang hemat maka keadaan ekonomi di rumah tangga akan berjalan dengan baik.

Baca Juga : 6 Cara Membuat Langkah Pertama Lebih Mudah Saat Mencoba Hal-Hal Baru

4. Alihkan pengeluaranmu kepada barang atau momen yang bisa dikenang

Daripada kamu harus menghamburkan uangmu ke barang yang tidak memiliki arti sama sekali, kenapa tidak mencoba untuk mengalihkannya ke hal yang bisa dikenang? Misalnya, kamu bisa menabung untuk liburan keliling Indonesia atau membeli barang yang bisa dijadikan sumber tambahan uang saku. 

Kamu harus ingat, barang-barang memberi barang-barang yang tidak berguna hanya akan membuatmu menyesa di masa depan. Jadi, bijaklah dalam mengendalikan pengeluaranmu. 

5. Buatlah daftar mimpi atau cita-cita yang ingin kamu capai di dalam hidup

Tak jarang keterbatasan ekonomi dapat menghambat seseorang dalam meraih mimpi mereka. Oleh karena itu, daripada kamu menghabiskan uangmu ke hal-hal yang tidak berguna, bukannya lebih baik mengalihkannnya untuk meraih mimpi atau cita-citamu nantinya? Kamu bisa mulai dengan membuat daftar apa saja yang diperlukan agar bisa mewujudkan mimpimu nanti, lalu mulailah menabung untuk meraih mimpi tersebut.

Sebenarnya, bukan hal yang susah untuk bisa hidup dengan hemat. Asal ada kemauan dan motivasi yang kuat, kamu pasti bisa mengontrol keuanganmu dengan baik.

Semoga kelima motivasi di atas bisa membuat kamu menjadi orang yang lebih hemat, ya. 

Sumber : Idntimes.com

Komentar