Hai Sobat Info Beasiswa.ID! Sebelum menapaki kesuksesan, tentu perlu jalan panjang untuk mendapatkannya. Kalau kamu sedang di tahap mencapainya, kamu harus terus menjalani hingga mendapatkan dua kemungkinan. Yaitu keberhasilan dan kegagalan.

Semua keberhasilan di muka bumi ini, pasti didapati dengan serangkaian proses yang disebut dengan usaha. Usaha yang dilakoni, akan melewati proses demi proses yang mengarahkan pada titik akhir dari usahamu. Lantas apa saja itu?

1. Diawali dengan keyakinan, hasil tak akan menghianati usaha

Pada proses ini, rasa semangat yang membara, membuat kamu selalu berpikiran positif.  Tak ada kegagalan, hanya peluang kemenangan yang terus menerus ada di dalam pikiranmu.

Baca Juga : Sebelum Lulus Kuliah, Pastikan Kamu Melakukan 5 Hal Ini Dulu!

2. Jika usaha terasa berat, artinya cobaan sedang menghampirimu

Setiap proses itu ada kalanya up and down. Down adalah posisi di mana usahamu sedang diuji. Ujian yang dirasa, tentunya berat. Karena makna sesungguhnya adalah kamu akan bertahan atau tetap pada jalannya.

3. Saat cobaan selesai, kamu akan melihat peluang: kegagalan atau keberhasilan

Jika hasilmu baik. Maka keberhasilanlah yang didapat. Tentunya Penantian dari usahamu juga berakhir. Namun, jika sebaliknya. Mengulangi lagi proses tersebut adalah cara untuk menolak kegagalan. Di sini banyaknya proses pengulangan, akan berbeda pada tiap orang.

Baca Juga : 5 Situs Kursus Online yang Patut Kamu Coba untuk Menambah Skill

4. Menerima apa pun hasilnya

Untuk kamu yang gagal, yakinilah kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda. Namun, jika kegagalan demi kegagalan yang didapat, maka janganlah menyalahkan apa pun. Tapi yakini, bahwa hal yang diperjuangkan itu bukanlah terbaik untuk dirimu.

5. Lupakan hasilnya dan segera move on

Untuk kamu yang gagal, kegagalan itu sakit. Tapi lebih menyakitkan lagi, jika harus stuck dalam hidup. Lupakan kepahitan dari kegagalan, namun tetap diingat sebagai pelajaran. Agar ke depannya, bisa lebih waspada.

Hidup bukan pada hanya satu tujuan. Tuhan menciptakan banyak tujuan agar kita bisa memilih, tujuan mana yang harus difokuskan. Namun jika setia pada satu tujuan tidak membuat dirimu sukses? Artinya ada tujuan lain yang bisa bikin sukses.

Bagaimanapun prosesnya, nikmati saja. Karena, memori akan mengingat lama sebuah perjuangan dibandingkan hasil yang didapat.

Sumber : Idntimes.com

Komentar