Hai Sobat Info Beasiswa! Entah karena alasan menuntut ilmu, pindah tempat kerja, atau alasan keluarga, maka kamu pun harus pindah ke tempat atau kota baru.

Namanya lembaran baru, tentu kamu harus beradaptasi dengan segala hal yang tentunya baru dan berbeda dengan keadaan yang selama ini kamu jalani. Tak sedikit orang yang tidak bisa beradaptasi dengan lingkungan baru yang kemudian membuatnya stres dan merasa homesick.

Nah, agar hal itu tidak sampai kamu alami, berikut adalah cara ampuh untuk membuatmu betah di tempat baru.

1. Mendekorasi tempat baru sesuai keinginanmu

Karena tempat baru, tentu kamu akan merasa asing. Dan hal ini wajar terjadi, kok.

Untuk menghalau perasaan tersebut, kamu bisa mencoba untuk mendekorasi tempat barumu sesuai dengan keinginanmu. Kegiatan ini akan membantumu untuk mengenal tempat baru.

Jangan lupa pula untuk menambahkan personal touch yang akan membuatmu makin betah. Hal itu bisa berupa dekorasi, ranjang yang selama ini kamu idamkan, atau rak buku baru untuk menampung koleksi buku-bukumu.

Baca Juga : Penting, 6 Hal yang Harus Diingat Ketika Membuat Rencana Masa Depan

2. Mencoba bersosialisasi dengan orang baru

Percayalah bahwa orang baru ada di mana saja. Temukan mereka dan jangan takut untuk menyapa dahulu dengan melemparkan senyum. Bertemu dengan orang baru bersosialisasi dengan mereka akan membuatmu makin betah di tempat baru, lho sebab kamu merasa diterima.

3. Lakukan kegiatan favoritmu

Jika sudah menata tempat sesuai keinginanmu, kamu bisa melakukan kegiatan favoritmu lainnya. Misalnya saja dengan membaca buku dari buku-buku yang kamu bawa dari tempat sebelumnya.

Atau, kamu bisa berbelanja ke pasar untuk belanja bahan makanan dan memasak makanan favoritmu. Bonusnya kamu pun jadi makin mengenal tempat barumu.

Baca Juga : 9 Tips Bikin Kamu Lebih Fasih dan Percaya Diri Bicara Bahasa Inggris

4. Mengeksplorasi tempat baru

Rasa takut memang wajar muncul saat di tempat baru. Sebabnya kamu belum mengenal medan dengan benar. Namun, jangan biarkan rasa takut itu membuatmu tidak berani kemana-mana.

Langkahkan kaki dengan berani untuk mengekplorasi tempat-tempat yang ada di sekelilingmu. Sebab siapa tahu kamu bisa menemukan toko yang menjual kopi enak, tempat belanja murah, hingga tempat nongkrong nyaman.

5. Tetap berkomunikasi dengan keluarga atau teman lama

Kesibukan ke tempat baru kadang membuatmu lupa berkomunikasi dengan keluarga atau teman lama. Nah, agar kamu tetap keep in touch dengan mereka, jangan lupa untuk menelepon teman atau keluarga guna berbagi cerita pengalaman baru.

Hal ini sedikit banyak akan membantu proses perpindahanmu dengan mulus dan mengikis homesick secara perlahan.

Pindah ke tempat baru kadang memang membuat deg-degan. Namun, tempat baru juga memiliki segudang pengalaman baru yang bermanfaat untukmu. Dan lakukan cara-cara di atas agar proses adaptasimu berjalan lancar.

Sumber : Idntimes.com

Komentar