Hai Sobat Info Beasiswa! Karisma merupakan citra positif yang dimiliki seorang pemimpin. Beberapa pemimpin terkenal memiliki karisma yang diakui oleh orang lain. Ada yang berupa karakter, kebiasaan maupun perilaku. Pemimpin dengan karisma yang kuat bisa sangat dipercaya orang lain. Dengan diperkuat gestur maupun ekspresi wajah, seorang pemimpin bisa memberikan pengaruh dan pesan-pesan tersirat.

Bagi seorang pemimpin, menumbuhkan karisma sangat penting. Karisma bukan berasal sejak lahir namun merupakan sikap yang terus diasah dengan konsisten. Karena itu tidak menutup kemungkinan siapa pun bisa memunculkan karismanya sendiri. Ternyata terdapat beberapa cara untuk membangun karisma. Apa saja? Berikut ini 5 cara yang bisa kamu lakukan.

1. Belajar komunikasi yang efektif dengan banyak orang

Seorang pemimpin berasal dari amanah banyak orang. Karena itu cara terpenting yang harus dimiliki adalah komunikasi dengan banyak orang atau public speaking. Setiap pemimpin sangat memperhatikan kalimat yang akan diucapkan, karena sangat berhati-hati dalam memberikan informasi.

Pemilihan kata yang tepat juga sangat diperhatikan. Seorang pemimpin hebat tidak akan mengucapkan kalimat bertele-tele ketika disediakan waktu berbicara. Ucapannya mudah dipahami dan langsungĀ to the point. Jika sudah menguasai cara berkomunikasi yang efektif, sangat mudah agar orang lain bisa melaksanakan apa yang diperintahkan.

Baca Juga : 5 Motivasi Agar Kamu Bisa Lebih Hemat, Ingin Hidup Tenang Kan?

2. Percaya diri dengan prinsip yang dipegang

Seorang pemimpin bukannya keras kepala, namun lebih dikarenakan konsisten dengan prinsip yang dipegang teguh. Karena itu setiap pemimpin hebat selalu percaya diri dengan apa yang dianut. Percaya pada prinsip dan visi diri sendiri merupakan langkah awal menumbuhkan karisma. Tentu prinsip yang dipegang berdasarkan ilmu yang selama ini dipelajari, bukan asal-asalan.

Tidak jarang pemimpin yang memegang prinsip dengan teguh, memiliki banyak pesaing. Karena setiap pemimpin memiliki idealisme yang tidak dimiliki kebanyakan orang. Bahkan pemimpin yang karismatik akan berani berdiri sendiri meski orang lain berada di arus yang berbeda. Apakah kamu sudah punya prinsip-prinsip yang kamu percayai sejak kini?

3. Memiliki jiwa sosial yang tinggi

Memiliki jiwa sosial yang tinggi sangat penting bagi seorang pemimpin. Sifat ini ditumbuhkan dengan menghindarkan sifat ego-sentris terhadap kepentingan yang dimiliki. Seorang pemimpin lebih menghargai kesenangan kolektif daripada personal. Tidak jarang pemimpin mengorbankan dirinya untuk orang banyak.

Pengorbanan yang dilakukan membuat seorang pemimpin dapat diterima oleh orang lain dan lingkungannya. Seorang yang memiliki karisma cenderung akan dipercaya orang lain dan mudah mendapat simpati.

Baca Juga : 7 Fakta Unik Universitas Brown, Almamater Emma Watson

4. Mengendalikan emosi

Emosi merupakan perasaan yang tidak menentu dan sulit dikendalikan. Namun seorang pemimpin tahu kapan harus mengendalikan emosinya. Dari emosi akan tercermin gestur, mimik atau ekspresi wajah yang terpancar. Mengendalikan emosi tentu tidak mudah, seseorang pemimpin belajar mengendalikan situasi dengan mengendalikan emosi terlebih dahulu.

Biasanya seorang pemimpin karismatik, tahu kapan harus memutuskan, kapan harus berbicara karena emosi sangat mempengaruhi pesan yang akan disampaikan ke pendengar. Sekaligus bisa berempati dengan audiens sehingga orang lain akan mempercayainya. Kamu bisa memulai dengan mengendalikan emosi sedih, takut, senang, dan marah. Menguasai emosi membuatmu lebih mudah dalam menentukan keputusan yang objektif.

5. Versi orisinal setiap pemimpin berbeda-beda

Jika kamu ingin memiliki karisma, kamu perlu tahu bahwa setiap orang memiliki karisma yang berbeda-beda. Jangan sampai kamu mencontoh karisma yang dimiliki orang lain. Orang lain akan cenderung menilai sebagai peniru atau bisa jadi malah karisma tersebut seakan tidak cocok dengan dirimu.

Sangat penting untuk mengetahui kelebihan yang dimiliki, seperti apakah kamu pendengar atau pembicara, bersikap dingin atau berapi-api, pemikir atau penggerak dan sebagainya. Beberapa pemimpin terkenal menunjukkan versi yang berbeda-beda sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Sehingga terkesan orisinal dan tidak dimiliki orang lain.

Menjadi seseorang karismatik membutuhkan kebiasaan yang konsisten. Dibutuhkan banyak latihan dan kegagalan. Kamu bisa memulai dengan cara-cara sederhana seperti memperbaiki cara berkomunikasi, mengendalikan emosi atau memiliki idealisme sejak sekarang.

Sumber : Idntimes.com

Komentar