Hai Sobat Info Beasiswa! Di tengah-tengah pandemi COVID-19 saat ini, semua pembelajaran diusulkan agar dilakukan secara daring. Hal ini dilakukan guna untuk mencegah penyebaran virus corona yang mematikan. Namun, tak dapat dimungkiri bahwa beberapa mahasiswa tetap terpaksa untuk datang ke kampus. Baik untuk melakukan praktikum atau keperluan lainnya.

Tentu diperlakukan kehati-hatian yang ekstra jika kamu diharuskan untuk tetap pergi ke kampus selama pandemi berlangsung. Nah, berikut ini lima hal yang harus kamu perhatikan saat akan menginjakkan kakimu di area kampus.

1. Selalu siap sedia hand sanitizer

Hand sanitizer menjadi salah satu alat vital yang wajib dibawa ketika bepergian. Penampakan virus itu tidak kasat mata. Kita tidak pernah tahu apakah tangan kita telah menyentuh berbagai virus atau kuman. Oleh karena itu, sangat diperlukan hand sanitizer yang bisa kamu pakai setiap menyentuh benda-benda tertentu.

Apalagi tidak semua tempat menyediakan wastafel untuk cuci tangan. Sehingga hand sanitizer menjadi pilihan tepat untuk mengurangi terpaparnya virus corona.

2. Memakai pakaian tertutup dan masker

Dengan memakai pakaian tertutup, kamu mengurangi risiko tertular COVID-19. Pada dasarnya virus tersebut menyerang melalui droplet. Sehingga ketika kamu memakai jaket atau pakaian tebal, droplet tersebut akan bersarang di pakaian yang kamu gunakan. Sebaiknya kamu langsung mencuci bersih setiap pakaian yang kamu gunakan keluar.

Jangan juga sampai melupakan masker. Masker menjadi hal wajib yang tidak boleh terlupakan selama pembelajaran luring. Sebagai antisipasi, lebih baik menambahkan face shield agar lebih aman. Saat ini banyak kok yang menjual face shield dengan harga yang beragam.

Baca Juga : 5 Kesalahan yang Bikin Artikelmu jadi Membosankan, Hindari!

3. Jangan berbagi alat tulis

Jika dulu kamu sering meminjam pensil maupun bolpoin temanmu, saat ini kamu harus membuang kebiasaan tersebut. Kita tidak pernah tahu siapa saja yang sudah terinfeksi. Kamu juga memiliki risiko menularkan penyakit ketika pinjam atau meminjamkan alat tulismu pada orang lain. Pastikan kamu memiliki semua peralatan yang kamu perlukan. Intinya wajib hukumnya berbagi alat tulis ketika kuliah maupun sekolah offline.

4. Hindari menyentuh area wajah

Dikarenakan tangan merupakan bagian tubuh yang paling mudah terpapar virus, sangat penting untuk tidak menyentuh wajah sembarangan. Pastikan tanganmu sudah benar-benar bersih sebelum kamu menyentuh area wajah terutama mata, hidung, dan mulut. Hal ini juga berlaku untuk maskermu. Jangan menyentuh masker yang kamu gunakan. Meski hidung dan mulut tertutupi oleh masker, kita tidak pernah tahu apakah masker yang kita pakai benar-benar efektif melindungi diri kita.

Baca Juga : Agar Skill Terus Terasah, Ini 5 Alasan Kamu Harus Aktif Berorganisasi

5. Buka semua jendela saat di dalam ruangan

WHO sangat menganjurkan untuk membuka ventilasi udara selama pembelajaran luring berlangsung. Hal ini dikarenakan virus COVID-19 dapat bergerak melalui udara. Sehingga beberapa ahli menganjurkan agar kita tidak berkerumun di ruangan tertutup. Lebih baik untuk melakukan pembelajaran secara outdoor atau di ruangan tertutup. Namun jika tidak memungkinkan, cukup membuka semua jendela-jendela di kelas yang kamu gunakan.

Nah, itulah lima tips aman yang bisa kamu terapkan ketika terpaksa harus datang ke sekolah maupun kampus. Stay safe, everyone!

Sumber : Idntimes.com

Komentar