Hai Sobat Info Beasiswa.ID! Buat kamu yang baru akan masuk kuliah atau saat ini masih berstatus mahasiswa barangkali kerap membayangkan kelak akan bekerja di bidang yang sesuai benar dengan latar belakang pendidikanmu. Gak salah juga sih. Namun ada baiknya kamu gak terlalu kaku soal ini.

Punya cita-cita yang spesifik bagus. Tetapi terbuka dengan segala kemungkinan di masa depan juga menguntungkanmu. Sehubungan dengan pekerjaanmu kelak, inilah kenyataan-kenyataan yang perlu kamu ketahui.

1. Kalau hanya melirik lowongan kerja yang sesuai dengan ijazah, pilihannya jadi lebih sedikit

Sementara jumlah pelamar mungkin sangatlah banyak. Maka persainganmu mendapatkan pekerjaan sesuai ijazahmu menjadi amat ketat. Kalau kamu bersikap terbuka pada lowongan-lowongan kerja yang gak mensyaratkan latar pendidikan khusus, kesempatanmu lekas mendapatkan salah satunya jadi makin besar.

Sebenarnya bukan hal aneh bila gak sedikit lowongan pekerjaan lebih fleksibel soal latar belakang pendidikan. Kan, jenis pekerjaan di dunia ini banyak banget dan banyak juga kemampuan yang bisa dipelajari sambil jalan. Jadi yang lebih penting ketimbang ijazahmu adalah kesediaanmu untuk selalu belajar hal baru yang gak kamu dapatkan di bangku kuliah.

2. Rezeki bisa datang melalui banyak jalan, termasuk pekerjaan yang jauh dari bayanganmu 

Percaya kan, kalau pintu rezeki itu gak cuma satu? Maka kamu pun gak boleh menyempitkan rezekimu dengan hanya mau bekerja di bidang yang cocok banget dengan kuliahmu. Sebab boleh jadi rezeki terbaikmu justru ada di bidang lain.

Jangan takut ilmu yang sudah kamu pelajari menjadi gak berguna. Semuanya pasti tetap bermanfaat dalam hidupmu kok, walaupun gak selalu kamu sadari.

Baca Juga :  5 Langkah Mendapat Nilai Bagus Tanpa Pusing Menjelang Ujian

3. Kamu punya latar belakang pendidikan tertentu, tetapi jangan lupakan bakat dan minatmu 

Ya, kadang-kadang saat kita baru lulus kuliah, kita terlalu mengandalkan ijazah. Padahal di samping ijazah, sejak dahulu kita sudah dibekali dengan bakat dan minat. Jika kedua hal ini kamu gunakan, kamu jadi punya dua senjata untuk menghadapi pertempuran.

Misal gak kunjung mendapatkan pekerjaan sesuai ijazahmu, bekerja di bidang yang sesuai dengan bakat dan minatmu juga gak ada salahnya. Malah bagus karena kamu bisa lebih santai dalam menjalaninya. Meski berbeda sekali dengan latar belakang pendidikanmu, yang penting sama-sama menghasilkan.

4. Ketimbang terlalu lama menganggur, lebih baik bekerja apa saja dan memiliki pemasukan 

Terlalu lama menganggur demi menunggu pekerjaan yang cocok dengan latar belakang pendidikan bisa merugikanmu lho. Secara materi, jelas kamu gak mendapatkan penghasilan. Secara waktu, usiamu juga terus bertambah. Secara sosial psikologis, kamu pun akan merasa malu. Makin tinggi pendidikanmu, beban psikismu juga akan makin besar.

Maka ada baiknya kamu tetap mengerjakan apa pun yang bisa menghasilkan uang walaupun jumlahnya belum sebesar harapanmu. Jika membuka usaha kecil-kecilan, siapa tahu bisa makin maju seiring waktu. Jika bekerja pada orang, siapa tahu akan mendapatkan kepercayaan lebih di kemudian hari. Sedikit-sedikit, lumayan untuk membuatmu belajar mandiri dan meringankan beban orangtua.

Baca Juga :  5 Tips Aman Saat Terpaksa Pergi ke Kampus di Tengah Pandemik COVID-19

5. Asal punya sikap yang baik dan mau mengembangkan diri, hidupmu pasti akan makin maju terlepas dari bidang apa yang digeluti 

Saat ini mungkin kamu masih percaya gak percaya soal ini. Terdengar seperti sebatas untuk menyemangati. Namun kelak kamu akan membuktikan sendiri. Sikap yang baik dan kemauan untuk terus mengembangkan diri lebih penting ketimbang yang tertulis di atas kertas. Apa pun bidangnya, yang penting grafik hidupmu terus naik sampai ke puncak bukan?

Bekerja di bidang yang sesuai dengan ijazahmu bagus. Namun bekerja di bidang lain juga gak lantas buruk. Apa pun yang bisa memberimu penghidupan yang halal dan baik adalah anugerah yang harus amat kamu syukuri.

Sumber : Idntimes.com

Komentar