Hai Sobat Info Beasiswa! Baik dalam bekerja maupun beraktivitas sehari-hari, dibutuhkan energi yang prima agar kerja bisa lebih maksimal. Saat kita bisa menyalurkan energi dengan tepat, dijamin kita bisa menyelesaikan lebih banyak hal, lebih fokus, dan bekerja lebih efektif. Mau tahu cara efektif apa saja yang harus dilakukan agar lebih fokus? So, check this out.

1. Kenali jam-jam produktif dalam bekerja

Mengenali jam-jam produktif dalam bekerja akan membantumu untuk mengeluarkan ide dengan maksimal. Kalau kamu belum menemukan, segera temukan jam terbaik itu dengan mengevaluasi aktivitas yang kamu lakukan setiap harinya.

Temukan momen waktu dimana kamu bisa brainstorming lebih dalam dan lebih produktif dalam bekerja, itulah jam terbaikmu. Gunakan jam itu untuk melakukan aktivitas yang berkaitan dengan berpikir keras dan memerlukan konsentrasi tinggi.

Ingat, di jam ini jangan pernah gunakan untuk aktivitas yang remeh atau bersantai karena itu akan menguras energimu lebih keras.

2. Fokus perhatian ke hal yang sedang kamu kerjakan

Kenapa kamu sering sekali kelelahan dalam bekerja? Mungkin salah satunya karena kamu terganggu dengan distraksi yang ada. Bisa jadi notifikasi chat, email, Instagram, situs berita, atau ajakan ngobrol teman.

Notifikasi itu akan selalu ada bahkan di setiap detiknya. Sekarang tugasnya adalah ada di dirimu sendiri. Kelolalah distraksi itu dengan caramu sendiri. Bisa jadi dengan memberikan waktu khusus untuk membuka semua notifikasi tersebut atau menjauhkan diri dari sumber gangguan.

Baca Juga : 6 Tips Supaya Hari Pertama Kerja Kamu Jadi Mengesankan, Catat Ya!

3. Mengelola kecerdasan emosional

Kecerdasan emosional dinilai tidak kalah penting dengan kecerdasan intelektual. Cara kita mengelolanya akan berpengaruh terhadap kinerja dan produktivitas.

Beberapa diantaranya berpikir sebelum bertindak, menganggap tantangan sebagai peluang sehingga bekerja lebih produktif, dan bisa memposisikan diri dengan baik di berbagai situasi. Yuk, kembangkan kemampuan yang satu ini.

4. Istirahat yang berkualitas

Salah satu kunci fokus adalah memiliki kualitas tidur yang cukup. Seperti smartphone yang butuh di charge sampai 100% agar bisa berfungsi maksimal, begitu juga tubuh kita. Karena bekerja memerlukan energi, maka dengan istirahat yang berkualitas kita bisa lebih produktif dalam beraktivitas. Jangan lupa istirahat ya, guys!

Baca Juga :  5 Alasan Tidak Perlu Insecure dengan Pekerjaan Teman yang Sudah Mapan

5. Jangan abaikan kesehatanmu

Sekalipun istirahat bisa membantu memulihkan energi dan mengembalikan fokus, ternyata itu tidak cukup. Sehingga dibutuhkan juga tubuh yang bergerak. Olahraga dan meningkatkan massa otot akan membantumu menjaga daya tahan tubuh.

Hal ini tentunya akan berdampak pada produktivitas kerja. Dalam tubuh yang sehat, ada pikiran yang sehat pula. Jadi, selalu sediakan waktu khusus untuk berolahraga setiap harinya, ya.

Bekerja dengan efektif akan membantu kita merasa bahwa 24 jam adalah waktu yang cukup untuk melakukan banyak hal. Dengan fokus yang baik kita bisa melakukan berbagai hal, bukan hanya sibuk tapi produktif.

Sudah siapkah kamu untuk jadi orang yang lebih fokus dan produktif? Yuk, lakukan lima hal di atas!

Sumber : Idntimes.com

Komentar