Hai Sobat Info Beasiswa! Semua orang yang ada di dunia ini pasti pernah berada di posisi malas sehingga menunda pekerjaan. Jika diteruskan, hal tersebut pasti akan berdampak cukup signifikan bagi keberlasungan hidup. Memang keluar dari zona malas merupakan hal yang sangat sulit namun kamu wajib melakukannya.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar kamu bisa menghilangkan rasa malas. Hal tersebut akan membuatmu menjadi seseorang yang pantang menunda jika ada pekerjaan. Untuk penjelasan lebih lanjut terkait hal apa saja yang dimaksud, simak pembahasannya berikut ini.

1. Berikanlah sanksi terhadap diri sendiri jika menunda pekerjaan

Memberi sanksi terhadap diri sendiri akan membuatmu terdorong untuk tidak menunda pekerjaan. Dengan adanya hal tersebut kamu pasti akan lebih bertanggung jawab terhadap apa yang harus dikerjakan. Cobalah untuk memberi sanksi dengan hal-hal yang dapat membuatmu jera.

Meskipun terlihat cukup kejam, mau tidak mau kamu perlu melakukannya demi keberlangsungan hidup di masa depan. Apakah kamu tetap mau menggadaikan masa depan dengan hidup yang terus dikuasai rasa malas saat ini? Pikirkan dengan bijak!

2. Cobalah untuk mengerjakan hal tersebut di kafe yang nyaman

Jika kamu bosan untuk menyelesaikan pekerjaan, sesekali cobalah pergi ke tempat-tempat yang dapat memacu gairah semangatmu. Cobalah untuk pergi ke coffe shop atau semacamnya agar kamu tidak merasa bosan dengan pemandangan kamar yang itu itu saja.

Namun carilah tempat yang tidak terlalu ramai agar kamu gak terganggu. Percayalah bahwa hal tersebut pasti akan membuatmu lebih bersemangat dalam menyelesaikan tanggungan. Ketika telah berhasil menyelesaikan semuanya, percayalah pasti akan ada rasa puas yang muncul dari dalam diri.

Baca Juga :  5 Hal Menarik yang Kamu Dapatkan Ketika Menekuni Dunia Freelance

3. Cobalah untuk langsung mandi sehabis bangun tidur

Sebelumnya telah disebutkan bahwa salah satu faktor yang menyebabkan kebiasaan sering menunda pekerjaan adalah karena adanya rasa malas di dalam diri. Rasa malas itu biasanya muncul sehabis bangun tidur ketika kamu tidak langsung beranjak untuk mandi.

Kamu pasti akan cenderung menghabiskan beberapa saat untuk bermain ponsel sehingga tidak sadar bahwa banyak waktu yang terbuang sia-sia. Oleh karena itu mulai sekarang cobalah untuk langsung mandi sehabis bangun pagi agar tidak ada rasa malas yang muncul di dalam diri.

4. Jangan terlalu lama bermain handphone ketika banyak tanggung jawab yang harus dikerjakan

Penyebab lain yang dapat mendorongmu untuk mendunda pekerjaan adalah ketika sering bermain handphone. Hal itu karena di handphone tersedia banyak fitur yang cukup menyenangkan, contohnya adalah media sosial. Ketika berselancar di sana kamu pasti akan lupa waktu.

Coba bayangkan jika kamu bermain handphone seharian non-stop, akan jadi apa pekerjaanmu yang telah menjamur itu? Cobalah untuk lebih bertanggung jawab terhadap apa yang harus kamu kerjakan. Matikan handphone-mu terlebih dahulu ketika banyak tanggungan muncul.

Baca Juga :  5 Softskill Ini Wajib Dipelajari, Sebelum Masuk Dunia Kerja

5. Cobalah untuk memberikan self reward ketika berhasil melawan rasa malas

Hal terakhir yang harus dilakukan agar kebiasaan menunda pekerjaan bisa hilang adalah dengan memberikan penghargaan terhadap diri sendiri. Percayalah bahwa tekadang kamu perlu mengapresaisi diri sendiri agar ada kepuasan yang bisa membuatmu merasa dihargai.

Cobalah untuk meletakkan barang-barang yang menjadi wishlist-mu ke dalam daftar self reward. Kamu bisa mendapatkan barang tersebut jika telah berhasil melawan rasa malas sehingga dapat mengerjakan tanggung jawab dengan tidak mepet deadline. Berani mencobanya?

Itulah kelima hal yang bisa dilakukan agar kamu bisa membuang kebiasaan menunda pekerjaan. Ingatlah bahwa menunda pekerjaan saat ini hanya akan menambah deritamu di masa depan.

Sumber : Idntimes.com

Komentar