Hai Sobat Info Beasiswa! Setelah lulus dari universitas, mungkin banyak di antara fresh graduate yang mencoba peruntungan dengan mencari pekerjaan. Berbekal pengalaman seadanya, kamu pun bersemangat mengirimkan lamaran ke berbagai perusahaan impian.

Karena minim experience, akhirnya banyak aplikasi dan lamaranmu yang gak mendapat respon. Biar gak terjadi hal demikian, alangkah baiknya kamu berusaha agar lamaranmu gak ditolak terus.

Fresh graduate harus berusaha memperbaiki diri agar kamu gak lama menganggur. Salah satunya dengan menghindari lima hal ini yang dapat menghambat usahamu. Apa saja itu?

1. Terlalu pilih-pilih pekerjaan

Gak masalah kamu idealis dalam memilih pekerjaan, asalkan itu gak berlebihan. Sikap terlalu pemilih hanya akan membuatmu sulit menemukan profesi yang cocok.

Padahal untuk mencapai sebuah karier memerlukan pengalaman kerja yang mumpuni. Kapan kamu bisa memulai karier kalau dalam mencari pekerjaan saja masih pilih-pilih?

2. Asal-asalan membuat CV

Seberapa menarik curriculum vitae (CV) yang kamu buat akan menentukan besarnya peluang diterimanya lamaran kerjamu. Untuk itu, buatlah CV-mu semenarik mungkin agar mampu menarik perhatian HRD perusahaan yang kamu tuju.

Tulis biodatamu secara ringkas dengan memasukkan beberapa poin penting, seperti data diri, kemampuan yang dimiliki, dan pengalaman kerja. Jangan lupa pilih template yang menarik juga, ya.

Baca Juga :  Hindari 5 Hal Sepele Ini agar Band Score IELTS Writing Test-mu Tinggi

3. Melamar pekerjaan gak sesuai kualifikasi

Saking ingin segera bekerja, terkadang kamu jadi sembarangan mengirim lamaran. Beberapa kali kamu pun nekat melamar pekerjaan yang gak sesuai kualifikasmu. Padahal, tindakan itu hanya akan membuang-buang waktu dan tenaga karena HRD pasti akan memilih kandidat terbaik sesuai syarat dan kriteria yang mereka cari.

4. Enggan meningkatkan skill serta memperluas jaringan

Meski memiliki banyak waktu luang karena belum bekerja, hendaknya kamu gak bermalas-malasan. Kamu bisa memanfaatkan waktu tersebut dengan mempelajari soft skill yang dapat mendukung profesimu serta memperluas jaringan. Kamu akan kian sulit memperoleh pekerjaan jika enggan melakukan kedua hal tersebut.

Baca Juga :  Ingin Langsung Bekerja Setelah Wisuda? Lakukan 5 Trik Jitu Ini

5. Gak pernah membuat perencanaan karier

Walau lulusan baru, gak ada salahnya membuat perencanaan karier agar kamu bisa semakin fokus pada tujuanmu. Dari rancangan tersebut kamu dapat mendalami seluk beluk pekerjaan yang akan kamu lamar.

Siapa tahu poin ini nantinya juga akan dipertanyaan HRD saat wawanara kerja. Sehingga, nantinya kamu gak akan kebingungan saat menjawabnya.

Sudah tahu, kan, hal-hal apa saja yang perlu kamu jauhi agar gak menganggur terlalu lama? Semoga usahamu tersebut membuahkan hasil dan kamu segera mendapatkan pekerjaan impian. Semangat para fresh graduate!

Komentar