Hai Sobat Info Beasiswa! Apakah kamu sedang dihubungi perusahaan untuk melakukan wawancara kerja? Kalau iya, alangkah baiknya kamu mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Karena, tahap ini akan menjadi penentu kamu diterima bekerja di sana atau sebaliknya.

Biar persiapanmu maksimal, cobalah ikuti beberapa langkah berikut sebelum maupun saat mengikuti wawancara kerja. Persiapkan pula mental dan fisikmu agar kamu gak grogi ketika berhadapan dengan pewawancara. Yuk, langsung saja simak uraian lengkapnya di bawah ini!

1. Kenali perusahaan yang kamu lamar dengan baik

Biasanya, salah satu pertanyaan yang diajukan interviewer yaitu mengenai seluk beluk perusahaan yang kamu lamar. Untuk itu, cari tahu dan pelajarilah dengan baik mengenai profil, sejarah, visi misi, dan Informasi lainnya. Dengan begitu, kamu gak akan gugup ketika diminta menjelaskan topik satu ini.

2. Cari tahu pertanyaan umum yang ditanyakan saat wawancara kerja

Biar semakin siap, cari tahulah informasi mengenai pertanyaan-pertanyaan yang biasanya muncul saat wawancara kerja. Selain profil perusahaan, kemungkinan kamu juga akan ditanya hal-hal lain yang berhubungan dengan dirimu atau orang-orang sekitarmu. Misalnya tentang hobi, pengalaman kerja, atau kesibukan yang kamu jalani saat ini. 

Baca Juga :  5 Beasiswa Fully Funded yang Harus Kamu Tahu, Sarjana Sampai Doktor!

3. Berlatihlah wawancara sendiri terlebih dahulu

Sebelum interview dimulai, lakukanlah latihan terlebih dahulu agar kamu nantinya gak gugup. Kamu bisa melakukannya sendiri atau mengajak temanmu. Cobalah minta dirinya mengajukan sejumlah pertanyaan untuk kamu jawab. Lakukanlah seolah-olah kamu sedang mengikuti wawancara kerja sungguhan, ya.

4. Berpakaianlah dengan rapi dan menarik

Penting memberikan kesan terbaik biar nantinya pewawancara tertarik padamu. Salah satunya yaitu dengan menunjukkan penampilan formal yang rapi dan menarik. Dengan begitu, interviewer pun akan menilai kamu sungguh-sungguh dalam mengikuti wawancara kerja.

5. Datanglah minimal dua puluh menit lebih awal 

Hindarilah datang terlambat saat hendak mengikuti wawancara kerja. Selain persiapanmu jadi kurang maksimal, tindakan ini juga menunjukkan kalau kamu orangnya gak disiplin serta kurang profesional. Jadi, usahakanlah datang minimal 20 menit lebih awal agar kamu lebih siap menjalani interview.

Baca Juga :  7 Etika yang Sering Dianggap Sepele dan Diabaikan di Tempat Kerja

6. Tunjukkan rasa percaya dirimu serta jadilah diri sendiri

Rasa percaya diri penting kamu tunjukkan agar pewawancara makin yakin padamu. Selain itu, jadilah diri sendiri serta hindari menjawab pertanyaan yang dibuat-buat. Berhati-hatilah, sikapmu ini kemungkinan dapat terbaca oleh HRD dan menjadi penentu apakah kamu layak diterima atau tidak.

7. Jawablah setiap pertanyaan pewawancara dengan penuh keyakinan

Jangan ragu-ragu, jawablah setiap pertanyaan dengan percaya diri dan penuh keyakinan. Tataplah wajah pewawancara lalu berbicaralah dengan jelas dan gak bertele-tele. Dengan begitu, kemungkinan mereka akan semakin yakin dan tertarik padamu.

Bagaimana? Sudah tahu kan apa saja yang perlu kamu persiapkan untuk menghadapi wawancara kerja? Semoga usahamu berjalan lancar dan dirimu diterima menjadi bagian dari perusahaan yang kamu lamar.

Sumber : Idntimes.com

Komentar