Hai Sobat Info Beasiswa! Skripsi mungkin seolah menjadi momok menakutkan bagi para mahasiswa di semester akhir. Tak dapat dimungkiri bahwa prosesnya yang memakan waktu lama membuat banyak mahasiswa seakan ketar-ketir dalam menghadapinya. Lalu, apa saja cara yang tepat yang perlu dilakukan agar tetap tenang dalam proses pengerjaan skripsi? Catat, ya.

1. Percaya diri

Hal paling dasar yang perlu kamu miliki dalam pengerjaan skripsi tentu saja kepercayaan diri. Mungkin saja akan banyak hal-hal tak terduga yang akan memengaruhi semangat dalam dirimu, namun kepercayaan diri tentu saja tak boleh surut. Jadi, temukan cara yang tepat untuk tetap menjaga kepercayaan diri agar tak mudah luntur.

2. Buatlah penjadwalan yang tepat dan disiplin

Skripsi bagi sebagian orang mungkin akan memakan waktu lama, namun bagi sebagian orang lagi justru terasa singkat. Salah satu faktornya adalah penjadwalan dalam pengerjaan setiap orang yang berbeda satu sama lain. Oleh sebab itu, buatlah jadwal yang tepat agar tetap disiplin dalam pengerjaannya.

Baca Juga :  Jangan Gugup, Ikuti 7 Tips Ini biar Wawancara Kerjamu Berjalan Lancar

3. Jadikan orang lain sebagai pemacu semangat

Kamu mungkin akan memiliki progres yang berbeda bila dibandingkan dengan orang lain. Kamu boleh saja merasa iri bila progresmu terasa lamban daripada dirinya, namun jangan sampai justru merasa rendah diri. Jadikan orang lain sebagai pemacu semangatmu untuk tak berleha-leha terlalu lama dan mulai bergerak mengejar.

4. Jalin komunikasi yang baik dengan pembimbing

Salah satu alasan dari lambannya pengerjaan skripsi juga sering disebabkan karena dosen pembimbing. Oleh sebab itu, kamu perlu menjalin komunikasi dan hubungan yang baik dengan dosen pembimbing. Dengan begitu, maka perencanaan dan pengerjaan skripsimu pun akan lebih lancar.

Baca Juga :  Bukan Pemalas, Ini 5 Hal yang Bikin Kamu Jenuh Sama Pekerjaan

5. Jangan mudah jatuh ketika ada masalah

Pengerjaan skripsi tak akan selalu mulus dan pastinya selalu ada permasalahan di dalamnya. Tentu saja kamu perlu mentak yang kuat dalam menjalani hal tersebut. Jangan sampai mudah terpuruk pada saat terdapat masalah dalam pengerjaannya.

Tentu saja dengan persiapan dan pengerjaan yang baik, maka skripsimu pun akan selesai dengan baik. Selamat mengerjakan!

Sumber : Idntimes.com

Komentar