Hai Sobat Info Beasiswa! Guys ngaku aja, ketika disibukkan dengan berbagai pekerjaan mulai dari berangkat pagi pulang malam, deadline pekerjaan yang semakin meningkat, rapat ini itu dengan atasan, pasti lama kelamaan kita akan merasakan kejenuhan. 

Bosan dan jenuh terhadap pekerjaan inilah yang bisa membuat produktivitas kita semakin menurun, hingga yang paling bahaya yaitu dapat menghilangkan motivasi dan semangat untuk bekerja. Nah, berikut 5 cara membangkitkan motivasi kerja yang bisa kamu coba. 

1. Mengingat-ingat kembali apa tujuan dan target yang ingin kamu capai

Cara pertama mengembalikan motivasi kerja yaitu dengan mengingat-ingat kembali apasih tujuan yang ingin kamu capai selama ini. Kamu bisa membuat daftar target dalam jangka terdekat hingga jangka panjang.

Misalnya nih kamu punya target untuk naik jabatan, dapat kenaikan gaji, berhasil mengerjakan proyek tertentu, hingga target bisa beli rumah sendiri misalnya. Dengan begitu setiap kali merasa jenuh, kamu bisa mengingat-ingat kembali apa tujuanmu yang sebenarnya. 

2. Menyempatkan waktu untuk berlibur sebentar

Cara selanjutnya untuk mengembalikan motivasi kerja yaitu dengan menyempatkan waktu untuk berlibur sebentar. Berlibur jadi salah satu cara untuk mengembalikan semangatmu yang habis terkuras, me-refresh pikiran setelah disibukkan dengan pekerjaan, dan bisa membuat badan serta pikiran jadi lebih segar.

So, sesibuknya kamu bekerja jangan melupakan waktu liburanmu ya, kamu bisa menyempatkan waktu liburan di akhir pekan bersama keluarga tersayang. 

Baca Juga :  Kerja Jadi Nyaman, 6 Tips biar Gak Mudah Berkonflik di Kantor

3. Jangan lupa memberi self reward pada diri sendiri ketika berhasil melakukan sesuatu

Cara selanjutnya yang bisa kamu coba untuk mengembalikan semangatmu bekerja yaitu dengan memberi self reward atau penghargaan pada diri sendiri ketika berhasil melakukan sesuatu.

Misalnya nih, kamu berhasil menyelesaikan proyek penting di kantor, di sini kamu bisa menghadiahi dirimu dengan pergi berbelanja misalnya, beli makanan favorit, pergi liburan, atau hal lainnya. Seberapa besar perjuanganmu jangan lupa untuk mengapresiasi diri ya, sebab jika bukan kamu siapa lagi?  

4. Jangan stres menghadapi pekerjaan yang ada

Tak bisa dimungkiri beban kerja yang banyak dan pekerjaan yang padat setiap harinya, bisa membuat sebagian orang mudah merasa stres dan tertekan. Nah, stres inilah yang dapat menghilangkan motivasimu dalam bekerja.

Jadi, selesaikan pekerjaanmu satu per satu dulu, buat daftat prioritas pekerjaan mana yang harus diselesaikan duluan, dan bekerjalah sesuai dengan kemampuanmu. Perlu kamu ingat jangan pernah memaksa tubuh dan pikiran ketika sedang lelah. 

Baca Juga :  5 Tips Meningkatkan Etos Kerja biar Karier Makin Cemerlang

5. Memikirkan masa depan

Cara terakhir untuk mengembalikan motivasimu dalam bekerja yaitu dengan membayangkan dan memikirkan masa depan. Bayangkan kamu berhasil dengan bisnis yang kamu rintis, bagaimana hunianmu kelak, kebahagiaan bersama keluarga kecilmu, dan sebagainya. Sebaliknya jika sekarang masih malas-malasan, nggak mau mengasah kemampuan, siap-siap deh kalau impianmu hanya sebagai khayalan semata.

Itulah guys ,5 cara mudah mengembalikan motivasi kerja yang bisa kamu coba. So, buat kamu jenuh bekerja adalah hal yang wajar kok, namun jangan sampai itu menghambat perkembangan kariermu, ya. 

Sumber : Idntimes.com

Komentar