Hai Sobat Info Beasiswa! Secara umum, abstrak adalah ringkasan singkat pada karya tulis ilmiah seperti skripsi, tesis, disertasi, atau jurnal hasil penelitian yang disajikan pada lembar awal penelitian. Abstrak berfungsi membantu pembaca agar mengetahui inti dari tulisan ilmiah tersebut.

Gak perlu bingung lagi, berikut 5 cara menulis abstrak yang sudah tim IDN Times rangkum dari berbagai sumber.

1. Menjelaskan latar belakang masalah penelitian secara singkat

Langkah awal dalam menentukan isi abstrak adalah memberi penjelasan singkat mengenai latar belakang penelitian. Latar belakang sendiri berguna untuk menginformasikan mengapa penelitian tersebut penting bagi pembaca dan masyarakat.

2. Lalu, kamu bisa menjelaskan metode yang kamu gunakan dalam penelitian

Uraikanlah metode apa yang digunakan dalam penelitian secara singkat, jelas, dan padat! Hal ini bertujuan untuk mengetahui apa saja yang akan dilakukan selanjutnya demi memecahkan permasalahan yang dihadapi.

Baca Juga :  Meskipun Berat, Kamu Harus Melakukan 5 Hal Ini Agar Masa Depan Cerah

3. Mendeskripsikan secara singkat isi dari penelitian

Maksud dari poin ini adalah menjabarkan secara singkat isi dari keseluruhan hasil penelitian. Kamu bisa menyebutkan apa saja yang didapat saat penelitian dilakukan. Jelaskan secara umum saja, tidak perlu sangat detail.

4. Setelah itu, simpulkan hasil penelitian yang sempat kamu deskripsikan di poin sebelumnya

Selanjutnya menyimpulkan hasil keseluruhan penelitian. Dengan menguraikan kesimpulan, pembaca dapat mengetahui bahwa penelitian tersebut mampu menyelesaikan permasalahan yang sudah dihadapi selama proses penulisan.

Baca Juga :  Jangan Gugup, Ikuti 7 Tips Ini biar Wawancara Kerjamu Berjalan Lancar

5. Berikan kata kunci pada akhir paragraf

Yang terakhir, jangan lupa menambahkan kata kunci! Kata kunci sendiri berguna untuk memudahkan pencarian penelitian secara online. Kamu bisa memilih kata kunci sesuai dengan judul penelitian.

Sumber : Idntimes.com

Komentar