Hai Sobat Info Beasiswa! Sudah bukan rahasia lagi kalau cari kerja di masa pandemi itu sangat sulit, apalagi selama pandemi. 

Untuk kalian yang baru saja lulus atau fresh graduates, tentunya tidak mudah mencari lapangan kerja, terutama di perusahaan yang mengharuskan calon pekerja memiliki banyak pengalaman. 

Namun bukan berarti selama pandemi di rumah saja, kalian tidak mencari pengalaman sama sekali. Untuk kamu yang ingin bekerja di industri kreatif, maka perhatikan hal-hal berikut. 

1. Coba cari pengalaman magang sebanyak mungkin

Bagi kalian yang ingin kerja di industri kreatif untuk menjadi penulis konten, graphic designer, dan masih banyak lagigunakan waktu ini untuk mencari magang sebanyak mungkin. 

Sekarang sudah zamannya teknologi, banyak perusahaan yang tidak mengharuskan pekerja magang datang ke kantor. Bagaimana dengan bayaran? Di beberapa perusahaan biasanya tidak ada yang membayar para anak magang, namun ada juga tempat-tempat yang membayar anak magangnya dengan senang hati. Jika kalian memiliki pilihan tempat magang, itu terserah kalian. Tetapi, untuk kalian yang tidak memiliki opsi magang dengan bayaran, maka ambillah kesempatan itu. 

Pengalaman bekerja di lapangan dan tugas dari sekolah sangat jauh berbeda, jadi semakin banyak pengalaman itu akan semakin baik. Pengalaman magang dari rumah juga menjadi kesempatan yang baik, karena kalian akan terlatih untuk tetap produktif meskipun harus bekerja dari rumah. Tak hanya itu saja, pengalaman magang juga akan menambah koneksi kalian untuk masa depan. 

2. Gunakan media sosial untuk mencari pengalaman

Sosial media bisa jadi salah satu lapangan untuk kalian mencari pengalaman. Satu tips untuk kalian yang ingin mencoba mencarinya di media sosial, jangan malu atau minderTerutama bagi kalian yang ingin bekerja di industri kreatif. Melalui hubungan media sosial, sebenarnya akan membantu kalian untuk menunjukkan sikap kalian yang ramah dan mudah diajak berbicara, hal itu juga akan membuat calon recruiter menilai diri kalian adalah sosok yang positif dan tidak mudah menyerah. 

Tetapi, meski berhubungan melalui media sosial, jangan lupa untuk menggunakan bahasa yang baik dan sopan. Tak hanya itu saja, kalian juga tidak akan pernah mengira siapa yang akan kalian temui dari media sosial, maka dari itu gunakan platform ini untuk mencari pekerjaan selama pandemi. 

Baca Juga :  5 Tips Aktif Berorganisasi dan Volunter dimasa Pandemik buat Pelajar

3. Coba cari pengalaman freelance

Sebenarnya bekerja dalam bidang industri kreatif ini bisa dibilang flexible, karena ada begitu banyak lapangan freelance. Memang menjadi freelancer itu adalah tantangan, karena kalian akan mendapatkan gaji yang tidak menentu.  Tapi kalian jangan berpikir negatif terlebih dahulu, karena lebih baik memiliki kegiatan daripada nganggur bukan?

Misalnya, kalian dapat menuliskan ide-ide kalian di IDN Times Community untuk membuat portofolio kalian. Bagaimana jika banyak tulisan yang ditolak? Ditolak itu hal yang wajar, karena mungkin ide belum terkupas dengan baik. Setidaknya kalian dapat mencoba dan mengumpulkan portofolio yang bisa dipakai di masa depan bukan? 

Biasanya perusahaan start-up banyak menerima pekerja freelance. Kelebihan ketika bekerja di perusahaan start-up kalian akan memiliki banyak pengalaman, karena banyaknya tanggung jawab. Tak hanya itu saja, ide kalian juga akan jauh lebih dihargai, karena jumlah tim yang tidak terlalu banyak. 

4. Pikiran yang positif aja

Mungkin berpikir positif adalah hal yang cliché, terutama bagi mereka yang sedang mencari lapangan pekerjaan atau dalam kesulitan finansial. Tapi cobalah berpikir yang positif, jika kalian berpikir yang baik, maka kalian juga dapat memikirkan jalan keluar. 

Dalam pandemi ini semua mengalami kesulitan, tapi kalau kita bersyukur hanya untuk sesaat, bukankah itu juga akan memberikan kita ketenangan batin dan mental? 

Baca Juga :  5 Hal Penting yang Harus Kamu Lakukan selama Proses Pengerjaan Skripsi

5. Tidak ada kata terlambat untuk belajar

Gunakanlah kesempatan ini untuk mempelajari hal-hal yang belum kamu pelajari sebelumnya. Hal-hal seperti membuat boneka bersama Papermoon Puppet Theatre misalnya, atau mungkin belajar melukis daring. Tidak ada yang tahu kan di dalam industri kreatif ini, bahkan jika kalian banyak memiliki skill itu juga akan jauh lebih baik. Karena kalian dapat menawarkan skills kalian di perusahaan nantinya.  

Bagaimana, adakah kalian yang bingung untuk mencari pengalaman selama pandemik ini? Kalau iya, terus semangat dan jangan lupa untuk terus mencoba hingga ada jalan. 

Sumber : Idntimes.com

Komentar