Hai Sobat Info Beasiswa! Ketika menulis makalah penelitian, bagian pertama yang perlu disusun adalah ‘Pendahuluan’. Di dalamnya, terdapat latar belakang penelitian yang berisi informasi tentang permasalahan penelitian, yang mengacu pada literatur atau penelitian terdahulu.

Singkatnya, latar belakang ini merangkum serta menjelaskan topik yang akan kita teliti. Latar belakang yang baik juga bisa menjadi awalan menarik untuk pembaca. Namun, bagaimana sih cara menulis latar belakang makalah penelitian? 

1. Pikirkan ide dan konsep

Ide dan konsep sangat penting untuk mengawali sebuah penulisan penelitian. Dari ide dan konsep yang sudah kamu temukan, setelahnya akan lebih mudah dikembangkan menjadi tulisan lainnya. Setelah itu, kamu bisa mendefinisikan topik dari konsep tersebut.

2. Memberikan data historis

Setelah mendefinisikan topik, data historis yang dapat kamu jelaskan di sini adalah mengapa masalah yang diambil sebagai topik itu muncul. Selain menurut pendapat dan hasil pengamatanmu, kamu juga bisa paparkan sumber lainnya di sini.

Baca Juga :  Meskipun Berat, Kamu Harus Melakukan 5 Hal Ini Agar Masa Depan Cerah

3. Mengambil konsep dari ilmu lain

Banyak membaca adalah kunci, nih! Latar belakang mengacu pada sumber-sumber literatur atau penelitian terdahulu. Supaya beragam dan semakin valid, kamu dapat mencarinya dengan banyak membaca berbagai sumber.

4. Memberikan keunikan dari metode penelitian

Kira-kira apa ya metode unik yang akan kamu lakukan dalam penelitianmu? Nah, ini bisa jadi hal yang menarik dari makalah penelitianmu dan kamu bisa menambahkan metode baru juga yang mungkin dapat dipakai nantinya.

Baca Juga :  Jangan Gugup, Ikuti 7 Tips Ini biar Wawancara Kerjamu Berjalan Lancar

5. Menulis dari permasalahan umum ke khusus

Penulisan ini disebut metode secara deduktif. Metode penulisan ini digunakan supaya pembaca dapat memahami isi dari pemahaman umum ke khusus dan tentunya tulisanmu menjadi lebih terstruktur dan mudah dipahami.

Bagaimana? Itu dia cara menulis latar belakang untuk sebuah makalah penelitian. Semoga bermanfaat dan semangat!

Sumber : Idntimes.com

Komentar