Hai Sobat Info Beasiswa! Bekerja merupakan sebuah kegiatan yang dapat membuatmu tetap bertahan hidup. Mendapatkan banyak uang merupakan salah satu tujuan dari sebagian besar orang yang ada di dunia ini. Kamu pasti mengharapkan hal demikian, bukan?

Namun dalam bekerja itu ada etikanya. Terkadang kamu harus menghormati rasa lelah yang ada di dalam dirimu agar tidak jatuh sakit. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar kamu gak mudah lelah dalam bekerja. Untuk penjelasannya, simak pembahasan berikut ini, ya!

1. Jangan pernah lupa untuk mengambil cuti jika lelah

Jika dalam masa kerjamu itu bisa mengambil cuti beberapa hari, cobalah untuk menggunakannya. Ingatlah bahwa terkadang kamu perlu beristirahat dari kegiatan yang cukup melelahkan itu. Ambillah cuti dan gunakanlah hal tersebut untuk mengunjungi tempat-tempat yang dapat menyegarkan pikiranmu kembali. Dengan melakukan hal tersebut, percayalah bahwa rasa lelahmu pasti akan hilang.

2. Manfaatkan waktu istirahat dengan baik

Alangkah tidak mungkin jika kamu terus bekerja 24/7 tanpa henti. Ketika ada waktu istirahat, cobalah untuk menggunakannya sebaik mungkin. Ingatlah bahwa kamu itu memiliki rasa lelah yang harus diistirahatkan.

Percayalah bahwa terkadang kamu perlu bersantai untuk melepas penat. Lagipula tidur merupakan sebuah hal yang cukup nyaman, lho! Coba taruh smartphone-mu ke tempat yang jauh dan mulailah beristirahat.

Baca Juga :  5 Pelajaran Mencari Kerja Selama Pandemik di Industri Kreatif

3. Jangan menjadi orang yang gak enakan terhadap rekan kerja

Dalam dunia kerja, kamu diharuskan untuk bersikap tegas agar tidak malah dimanfaatkan. Terkadang ada saja kolega yang cenderung memanfaatkanmu karena kamu seorang yes man. Sekali lagi ingatlah bahwa kamu itu memiliki rasa lelah.

Jangan memaksa diri agar terlihat baik di mata rekan kerja. Lagipula kamu harus Ingat bahwa dalam sebuah organisasi itu setiap orang memiliki jobdesk-nya masing-masing.

4. Sesekali cobalah untuk melakukan apresiasi terhadap diri sendiri

Setiap rasa lelah yang muncul ketika bekerja pasti akan sirna jika kamu bisa mengapresiasi diri sendiri. Percayalah bahwa terkadang kamu perlu meluangkan waktu untuk mengagumi daya tahan dan kekuatanmu sehingga bisa bertahan sampai detik ini. Cobalah untuk membeli sebuah barang kesukaan untuk mengapresiasi diri sendiri agar kamu bisa menghilangkan penatmu.

Baca Juga :  5 Tips Tetap Percaya Diri Saat Bersaing Mencari Pekerjaan dari HRD

5. Jaga pola makan agar tetap teratur

Kalau hubungannya dengan kesehatan, kamu wajib menjaga pola makan yang seimbang. Makan tiga kali merupakan salah satu syarat agar kamu bisa tetap sehat meskipun kerjaan terus menumpuk. Sesekali cobalah untuk membahagiakan perut dengan makan enak.

Selain itu, kamu juga gak boleh telat makan meskipun itu hanya beberapa jam. Ingatlah bahwa makanan dapat menambah energimu yang sebelumya terkuras habis karena bekerja.

Pintar-pintarlah mengatur pola hidup agar kamu gak mudah kelelahan meskipun kerjaan menumpuk. Lakukan kelima hal di atas agar semua masalah kesehatan fisik maupun mental bisa teratasi.

Sumber : Idntimes.com

Komentar