Hai Sobat Info Beasiswa! Kesibukan terkadang membuat banyak orang lupa untuk beristirahat. Akibatnya, rasa mengantuk dapat menyerang, bahkan di saat jam kerja. Mengantuk memanglah hal wajar, namun jika terjadi secara terus menerus pastinya akan menurunkan produktivitas.

Tidak perlu khawatir, berikut ini lima cara menghilangkan rasa ngantuk yang muncul saat bekerja. Keep scrolling!

1. Cuci muka lalu minum air putih 

Cara menghilangkan rasa mengantuk yang paling cepat adalah dengan mencuci muka. Basuhan air akan sangat efektif membuat tubuh menjadi segar kembali.

Setelah cuci muka, disarankan untuk langsung minum air putih. Khasiat air putih tidak hanya untuk menyegarkan tenggorokan yang kering, namun bisa juga menyegarkan pikiran dan membangkitkan energi.

2. Tidur siang sejenak

Tidur siang sejenak atau disebut juga power nap merupakan suatu metode tidur singkat dengan durasi yang disarankan sekitar 15-20 menit. Percaya atau tidak, cara ini cukup ampuh untuk mengatasi rasa mengantuk jika dilakukan dengan durasi yang tepat.

Karena jika kurang dari waktu yang disarankan, tubuh tidak akan mendapatkan manfaatnya. Sedangkan jika tidur melebihi waktu yang disarankan, dapat membuat kamu semakin lesu dan mengantuk.

Baca Juga :  10 Kampus Terbaik di Inggris Versi QS World University Rankings 2021

3. Konsumsi minuman berkafein

Cara selanjutnya adalah konsumsi minuman berkafein, salah satunya kopi. Kafein dalam kopi bisa membangkitkan energi serta meningkatkan aktivitas otak dan sistem saraf.

Jadi, tidak heran setelah minum kopi banyak yang akan merasa kembali fokus dan segar. Namun ingat, jangan berlebihan dalam mengonsumsinya, ya!

4. Mendengarkan musik 

Cara berikutnya yang dapat dilakukan adalah mendengarkan musik dengan earphone. Musik dengan tempo cepat dan ceria dapat dijadikan pilihan, karena kedua genre tersebut dapat membangunkan kembali kinerja otak.

Baca Juga :  5 Kiat Cerdas Agar Kamu Gak Mudah Lelah Saat Kerja

5. Sesekali bergerak dan lakukan peregangan

Dalam banyak kasus, rasa ngantuk muncul karena kita merasa bosan atau tidak bergerak dalam waktu yang lama. Melakukan peregangan atau jalan santai mengitari lingkungan kantor bisa dijadikan pilihan untuk mengatasinya. Semakin lama tubuhmu bergerak, rasa mengantuk perlahan akan cepat hilang.

Lima cara di atas memang sedikit dapat membantu menghilangkan rasa mengantuk. Namun, perlu diingat juga bahwa mencukupi kebutuhan tidur sangatlah penting. Jadi pastikan waktu tidurmu cukup dan hindari begadang, ya!

Sumber : Idntimes.com

Komentar