Hai Sobat Info Beasiswa! Gak sedikit mahasiswa yang meyakini bahwa menjadi mahasiswa akhir merupakan momen terberat selama menjalani proses perkuliahan. Kamu pasti akan merasakan yang namanya menunggu tanpa kepastian, status online tapi chat kamu gak dibalas, atau bahkan kamu juga bisa terkena PHP dengan dosen pembimbingmu sendiri lho.

Nah, supaya semester akhir kamu gak terlalu banyak drama, coba bangkitkan semangat kamu dengan rahasia berikut ini, yuk. 

1.  Pilih topik penelitian yang kamu sukai dan kamu pahami

Memilih topik skripsi yang terlalu rumit tidak akan menjamin kamu mendapatkan nilai A. Justru itu akan menjerumuskan kamu ke dalam drama yang tak berujung. Cukup dengan memilih topik yang kamu sukai dan kamu pahami, setelah itu cari beberapa jurnal referensi dan ambil variabel dari jurnal referensi tersebut. Variabel itulah yang dapat kamu gunakan dalam skripsimu. 

2. Tentukan jadwal bimbingan dengan dosen pembimbingmu

Setelah kamu mendapatkan dosen pembimbing, kamu perlu menentukan atau mengetahui jadwal bimbingan dari dosen tersebut. Tujuannya, supaya kamu dapat menyelesaikan revisianmu tepat pada waktunya. Sehingga, kamu dapat mengikuti jadwal bimbingan dengan rutin dan skripsimu dapat segera terselesaikan. Cara ini juga efektif lho untuk terhindar dari ghosting.

Baca Juga :  Ini 5 Caranya Mengakrabkan Diri dengan Rekan Kerja Barumu

3.Tentukan punishment dan reward untuk dirimu sendiri

Supaya kamu tidak kehilangan semangat dalam menghadapi semester akhir, kamu dapat menentukan punishment untuk diri kamu sendiri. Punishment ini kamu berikan ketika kamu lalai terhadap target yang sudah kamu buat. Tidak hanya itu, kamu juga harus tetap menjaga semangat yang sudah kamu punya, caranya yaitu dengan memberikan reward kepada dirimu sendiri ketika kamu berhasil menyelesaikan target yang kamu buat. Berikan sesuatu yang dapat membuat kamu bahagia.

4. Sering-sering datang ke sidang teman-teman

Semangat juga bisa kamu dapatkan saat kamu datang ke sidang teman-teman kamu. Melihat wajah mereka yang bahagia memacu kamu untuk segera menyelesaikan skripsimu. Tidak hanya itu, kamu juga dapat bertanya mengenai tips sidang kepada mereka, sehingga persiapan sidang skripsimu nantinya akan semakin baik dan pastinya semakin besar juga peluang untuk kamu mendapatkan nilai A.

Baca Juga :  5 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Membuat CV Beasiswa, Teliti Lagi!

5. Jangan lupa meminta doa kedua orangtua dan berdoa pada Tuhan

Beberapa rahasia di atas akan semakin sempurna ketika kamu melibatkan orang tua dan Tuhan dalam prosesnya. Mintalah kepada Tuhan supaya skripsimu selalu diberi kelancaran dan mintalah kepada orang tua, supaya mereka senantiasa merestui setiap langkah yang kamu ambil. Percaya atau tidak bahwa sesuatu yang baik pasti akan diberikan jalan yang mudah.

Jadi, udah siap dong pastinya menghadapi semester akhirnya? Yuk, tingkatkan progress skripsimu dan kurangin dramanya, ya!

Sumber : Idntimes.com

Komentar