Hai Sobat Info Beasiswa! Wawancara kerja merupakan kesempatan emas untuk menunjukkan bahwa kamu layak bergabung di suatu perusahaan atau instansi. Banyak pula yang mengatakan bahwa tahap wawancara merupakan tahap yang paling susah atau pun menegangkan.

Namun, banyak pula orang yang sering melakukan beberapa kesalahan-kesalahan sepele yang dapat menyebabkan gagalnya kesempatan yang ia raih.

Padahal, sebenarnya kesalahan-kesalahan sepele tersebut dapat dihindari atau dicegah sebelumnya. Bagi kamu yang akan melakukan tahap wawancara, berikut 7 hal yang tidak boleh kamu lakukan.

1. Datang terlambat 

Hal pertama yang tidak boleh kamu lakukan saat wawancara adalah datang terlambat. Jika kamu terlambat, hal ini menunjukkan bahwa kamu tidak siap dan profesional dalam menjalani tahap wawancara. Datanglah 20 hingga 30 menit sebelum jadwal yang telah ditentukan.

Janganlah datang terlalu awal juga seperti datang 90 menit sebelum jadwal. Hal tersebut hanya membuatmu menjadi gugup. Jika wawancara kamu menggunakan platform Zoom, Google Meet, atau lainnya, pastikan kamu mempunyai jaringan internet yang stabil, ya.

2. Menggunakan handphone saat diwawancarai

Sesibuk apapun jadwal kamu di hari wawancara, jangan sampai kamu menjawab pesan teks, mengangkat telepon, ataupun sekedar melihat waktu saat kamu menjalani proses wawancara. Jika kamu melakukannya, kamu akan terlihat tidak menghargai pewawancara kamu saat itu. Lebih baik kamu mematikan handphone menjelang wawancara dimulai.

Lebih baik kamu memasang notofikasi di WhatsApp atau aplikasi lainnya bahwa kamu sedang dalam keadaan sibuk menjelang wawancara. Melakukan hal konyol seperti bermain game di ruang tunggu juga kurang disarankan, ya. 

Baca Juga :  5 Cara Membangun Kepercayaan dan Komitmen di Tim Kerjamu, Terbukalah!

3. Memainkan suatu benda

Saat orang sedang gugup, biasanya seseorang memainkan suatu benda entah apapun itu. Biasanya orang akan memainkan pulpen, penghapus, gelang, dan benda lainnya ketika gugup. Hal ini jangan sampai kamu lakukan di depan pewawancara, ya.

Kamu akan terlihat tidak respect saat wawancara karena melakukan hal yang tak penting itu. Terlalu sering melihat jam tangan juga kurang diperkenankan saat proses wawancara. 

Baca Juga :  5 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Membuat CV Beasiswa, Teliti Lagi!

4. Terlalu mudah menjawab kalimat “Ya” atau “Tidak” saja 

Hindari untuk terlalu sering menjawab kalimat “Ya” atau “Tidak” saja saat kamu wawancara. Hal ini akan menyulitkan pewawancara untuk mengenal dirimu lebih dalam. Jelaskan alasan  yang relevan mengapa kamu memilih “Iya” atau “Tidak”.

Hal ini dapat meminimalisir miskomunikasi antara pewawancara dengan kamu. Persiapan yang matang merupakan kunci agar kamu dapat menjawab pertanyaan dengan cermat. 

5. Mengatakan hal negatif terkait pekerjaan lama

Pastikan kamu tidak mengatakan segala hal negatif mengenai pekerjaanmu yang lama, baik tentang rekan kerja, supervisor, ataupun bos. Perlu diingat, hal tersebut tidak akan membuat pewawancara terkesan.

Pewawancara akan berpikir jika kamu pindah dari perusahaannya, maka kamu akan melakukan hal yang sama saat wawancara di perusahaan lain. Lebih baik kamu menahan untuk berbicara mengenai kejelekan-kejelekan hal yang berkaitan dengan pekerjaan lamamu.

6. Berbohong

Berbohong saat wawancara merupakan hal yang sangat fatal yang dapat merugikan hasil wawancaramu. Tidak jarang saat wawancara, terdapat psikolog ataupun ahli di suatu bidang untuk mengecek apakah yang kamu katakan benar atau tidak.

Tak menutup kemungkinan juga pewawancara akan menghubungi mantan bos, dosen, ataupun seseorang lainnya, untuk mengecek kredibilitas apa yang telah kamu katakan saat wawancara. Lebih baik kamu mengatakan apa adanya, namun terlihat elegan saat menjawab pertanyaan.

7. Menanyakan gaji terlebih dahulu

Jangan sampai kamu menanyakan gaji, fasilitas, bonus, atau hal-hal yang berkaitan lainnya sebelum kamu ditanya oleh pewawancara. Hal ini akan berdampak negatif pada hasil wawancaramu jika kamu melakukannya. Lebih baik kamu menanyakan hal ini kepada kenalan atau kolega kamu yang ada di perusahaan tersebut. 

Berikut 7 hal yang tidak boleh kamu lakukan saat wawancara kerja. Jangan sampai kamu melakukan hal tersebut, sehingga kesempatan kamu mendapatkan pekerjaan hilang. Semoga artikel ini dapat membantu persiapan wawancaramu, ya.

Sumber : Idntimes.com

Komentar