Hai Sobat Info Beasiswa! Semakin berkembangnya zaman, profesi sebagai penulis semakin dilirik dan menjanjikan untuk dijadikan pekerjaan tetap. Banyak orang berkeinginan jadi penulis, namun kita semua tahu kalau menekuni profesi ini justru tak semudah kelihatannya.

Ada banyak kesulitan yang akan kamu alami bahkan hal-hal tak terduga dan penuh kejutan bagi diri sendiri. Dan beberapa kesulitan yang akan kamu hadapi jika berkarier sebagai penulis kurang lebih ada dalam pembahasan berikut ini, pokoknya gak semudah anggapanmu!

1. Tiba-tiba kekeringan ide dan inspirasi

Kesulitannya yang pertama jika kamu berkarier sebagai penulis ialah ketika tiba-tiba kekeringan ide dan inspirasi. Karena meskipun rata-rata seorang penulis menekuni profesi itu karena passion tapi tak dapat dipungkiri bahwa saat-saat kekeringan ide itu ada. Dan bagi seorang penulis hal itu merupakan masalah besar, sebab tanpa ide dan inspirasi maka sangat sulit untuk merangkai kata dan menulis. 

2. Dikejar deadline tapi gak mood nulis

Jangan kira kalau penulis itu kerjanya santai-santai saja dan sesuka hati, karena pada kenyataannya penulis pun punya deadline yang harus dikejar. Tapi tidak beruntungnya jika saat dikejar deadline namum malah lagi tidak mood menulis. Karena mood sangat penting untuk seorang penulis, jadi tanpa mood yang baik dan memaksakan diri untuk tetap bekerja dan menyelesaikannya tulisan itu sangatlah sulit. Bahkan semua penulis mungkin pernah mengalaminya. 

Baca Juga :  5 Alasan Mengapa Kuliah Sambil Bekerja Itu Bukan Masalah

3. Tulisan terus ditolak dan diminta revisi oleh editor

Kesulitan lainnya yang juga akan kamu alami jika berkarier sebagai penulis ialah, jika tulisanmu ditolak dan diminta revisi berulang kali oleh editor. Rasanya pasti kesal, bahkan mungkin malah jadi tidak mood untuk menulis, namun di dalam profesi ini hal itu sangatlah wajar terjadi.

Karena penulis dan editor itu dua sosok yang saling bekerja sama, yang mana editor harus memastikan bahwa tulisan yang ia tangani memang layak terbit. Makanya wajar saja kalau editor meminta revisi.

4. Harus adaptasi dengan peraturan & ketentuan baru

Harus bisa beradaptasi dengan aturan dan perubahan baru juga merupakan kesulitan dalam karier sebagai penulis. Karena agak berat rasanya untuk harus mempelajari struktur kerja baru ketika sudah nyaman dan merasa pas dengan aturan yang lama. Namun kembali lagi, yang namanya perubahan dalam pekerjaan pasti akan selalu ada, termasuk untuk para penulis.

Baca Juga : 5 Tips Menghadapi Partner Kerja yang Suka Mengabaikan Tanggung Jawab

5. Harus tahan mental menerima berbagai kritik

Kesulitan kelima dalam karier menjadi seorang penulis ialah, harus tahan-tahan pada kritik orang. Karena sebaik apapun tulisan yang dibuat tentu tidak akan bisa memuaskan semua orang, dan bagi seorang penulis kritik sangatlah berguna untuk meningkatkan kemampuan menulis.

Memang akan terasa menyebalkan ketika mendengarnya, namun jika dipahami dari sisi positif maka kritik justru menjadi pelajaran penting bagi seorang penulis. Namun bagi beberapa orang terutama penulis baru mungkin agak sulit untuk menerimanya dengan ikhlas.

Siapa bilang kalau berkarier menjadi penulis itu total enak? Justru menjadi seorang penulis pun ada kesulitan-kesulitan yang harus dihadapi, seperti pada pembahasan tadi.

Sumber : Idntimes.com

Komentar