Hai Sobat Info Beasiswa! Apa yang terlintas pertama kali oleh kamu ketika mendengar tentang jurusan farmasi? Kebanyakan pasti akan menjawab ahli obat atau bahkan ada yang memberikan label pada farmasis bahwa profesi mereka hanya sekadar tukang jual obat. Ruang lingkup farmasi tidak hanya sebatas obat-obatan, ia juga terlibat dalam bidang kosmetik, makanan, dan minuman.

Farmasi memiliki ruang lingkup yang sangat luas, karena ini merupakan bidang ilmu yang sangat kompleks. Seorang farmasis akan berperan mulai dari penemuan obat hingga obat itu dipasarkan ke masyarakat. Bahkan, setelah dipasarkan farmasis juga bertanggung jawab apakah produk yang diterima dalam kondisi baik oleh masyarakat atau sebaliknya. 

Beranjak dari prospek kerja farmasi, sebelum masuk ke tahap itu tentu kita juga harus melewati sarjana farmasi terlebih dahulu dan mengambil profesi apoteker. Setelah itu, kita resmi dinobatkan sebagai apoteker. 

Banyak orang bilang farmasi termasuk jurusan yang sangat sulit untuk dijalani. Namun, siapa sangka banyak hal dan fakta unik yang akan kamu temui selama jadi mahasiswa jurusan farmasi. Berikut akan dibahas lebih lanjut tentang fakta unik yang akan kalian temui nanti di jurusan farmasi.

1. Multisubjek

Di farmasi kita tidak hanya terfokus pada satu aspek. Tapi, banyak bidang yang harus digeluti seperti fisika, kimia, biologi, matematika, ekonomi, teknik (praktikum), dan bahkan kesenian. Sebenarnya ini kombinasi bidang ilmu yang menarik atau malapetaka?

Amazing, kata ini yang harus terlintas untuk orang yang benar-benar berniat menggali ilmu di farmasi. Sebenarnya dengan ada kombinasi ini, kita tidak akan cepat bosan karena cuma terfokus pada satu bidang. Mengeluh di awal semester sudah pasti, tapi yakinlah semuanya diakhir akan berbuah manis asalkan kamu mau berusaha semaksimal mungkin.

2. Prospek kerja yang luas

Siapa bilang farmasi hanya bergelut dengan obat-obatan? Farmasis juga bisa ambil alih di bidang makanan, minuman, maupun kosmetik.

Setelah lulus juga bisa kerja di industri, lembaga pemerintah seperti BPOM, LIPI, Farmasi Rumah Sakit, apotek, laboratorium klinik, tempat pelayanan kesehatan lainnya, dan bahkan kita juga bisa kerja sampingan sebagai pengusaha. Sejauh ini apakah menarik kalau lulus sebagai mahasiswa farmasi?

Baca Juga :  5 Tips Kembalikan Semangat saat Berada di Fase Berat Kuliah

3. Multipraktikum

Perlu kamu ketahui kita di farmasi praktikum bisa tiga sampai lima kali dalam seminggu. Setiap hari? Benar sekali. Jadi keliatan sok sibuk di kampus, padahal dari pagi sampai sore kita berkutat sama akademik. Praktikum di farmasi banyak variannya, tidak hanya bergaul sama alat-alat labor, tapi juga ada praktik konseling dengan pasien. Ini adalah praktikum yang bisa bikin otak kita lebih refresh (unsur humornya 25 persen).

4. Sumber ide yang dilombakan bervariasi

Info ini penting buat yang hobi ikut lomba terutama menulis. Di farmasi, banyak bidang yang bisa kita ikutsertakan dalam kegiatan lomba menulis. Rata-rata yang paling sering dibahas dalam bidang farmasi adalah kimia bahan alam dan teknologi farmasi.

Penasaran gimana cara bikin karya tulis atau essay tentang kefarmasian? Kalau tertarik silakan tulis di komentar.

5. Sahabat artikel ilmiah

Ada yang tau kenapa bisa dapat label sahabat artikel ilmiah? Karena anak farmasi ahli dalam mengotak-atik beranda jurnal. Kok bisa, ya? Karena rata-rata setiap kuliah selalu ada tugas resume jurnal dan saat praktikum biasanya di farmasi juga mengambil referensi dari jurnal. Jadi, secara tidak langsung kita makannya sehari-hari dengan jurnal.

Baca Juga :  7 Hal yang Gak Boleh Kamu Lakukan Saat Wawancara Kerja, Apa Saja?

6. Lancar bahasa inggris

Banyak diantara mahasiswa yang tidak sadar bahwa secara tidak langsung kita ada peningkatan dalam berbahasa inggris. Benar, karena kita sudah berkutat sama yang namanya jurnal atau artikel, baik itu nasional maupun internasional.  

Biasanya di farmasi selalu mengambil referensi dari jurnal internasional yang bahasanya itu Bahasa Inggris. Jadi, tidak mungkin mahasiswa farmasi asing dengan bahasa inggris. Karena perlahan seiring berjalannya waktu kita juga bisa jago bahasa inggris melalui pola-pola kalimat umum yang biasa digunakan.

7. Mayoritas mahasiswa farmasi adalah cewek

Percaya atau tidak but it’s real. Bukan hanya di satu, dua, atau tiga kampus, kampus lain juga begitu. Jadi, kita merasa seperti tinggal di pesantren, cowoknya lebih sedikit. Ini juga merupakan misteri yang sampai saat ini belum ditemukan jawaban atau alasan pasti. 

Itulah tujuh fakta tentang jurusan farmasi menurut. Kalian gimana? Boleh tambahin jawaban di bawah ya.

Sumber : Idntims.com

Komentar