Hai Sobat Info Beasiswa! Apakah kamu masih asing dengan istilah Bibliophile? Bagaimana dengan istilah “kutu buku”? kamu pasti sering kan, menyebut temanmu si “kutu buku” karena mereka tidak pernah pisah dengan buku? Nah, sebenarnya istilah bibliophile dan “kutu buku” memiliki makna yang hampir sama.

Kedua istilah ini sering ditujukan kepada seseorang yang mempunyai hobi membaca yang ekstrim. Akan tetapi seorang bibliophile tidak hanya sekedar hobi membaca, mereka mengagumi buku bahkan sampai mengoleksi buku-buku langka lho. Lantas apa saja sih kriteria yang menandakan bahwa kamu itu seorang bibliophile? Kalau pengen tahu, lanjutin bacanya deh.

1. Kamu mempunyai beberapa cetakan berbeda dari buku-buku favoritmu

Mengagumi suatu buku bestseller dari pengarang favoritmu membuatmu perlu mengoleksi lebih dari satu cetakan bukunya. Memang bibliophile orangnya totalitas banget!

2. Kamu menilai seseorang berdasarkan buku yang mereka miliki

Ketika bertemu dengan seseorang dan diajak berkunjung ke rumahnya, pasti yang pertama kali kamu lihat adalah koleksi bukunya. Semakin banyak dan beraneka genre buku yang orang tersebut punya dibandingkan dengan koleksi bukumu, semakin berwibawa ia di matamu.

3. Kamu sangat spesifik dalam menyusun buku-bukumu. Kamu memilah buku berdasarkan warna atau abjad atau pengarang.

Bukan bibliophile namanya kalau tidak memperlakukan koleksi bukunya seolah buku-buku itu adalah benda paling berharga di rumahnya, kalau kamu lebih suka menata bukumu seperti apa?

Baca Juga :  5 Rahasia Skripsi Antidrama Agar Lulus Tepat Waktu, Gak Molor!

4. Kamu suka mengoleksi buku-buku bekas bahkan buku langka sekalipun

Para bibliophile memandang buku-buku langka seperti harta karun yang amat sangat bernilai harganya. Mereka rela mengubek-ubek toko buku hanya untuk menemukan harta karun yang mereka inginkan… walau pada akhirnya belum tentu dibaca tetapi hanya untuk menambah koleksi buku saja… Apakah kamu sering seperti itu?

5. Kamu memandang buku sebagai dekorasi rumah yang sangat penting

Kamu sangat tekun merancang interior rumah agar buku-bukumu mendapat tempat yang pas untuk dipajang. Seorang bibliophile sangat tekun dalam menata buku-bukunya, mereka mengatur interior rumah semenarik mungkin agar buku-bukunya mendapat tempat yang pas untuk dipajang.

6. Impian semua pecinta buku tentu memiliki perpustakaan pribadi di rumah

Begitu pula bibliophile, sebuah rumah tanpa buku ibarat tubuh tanpa jiwa. Siapa sih yang tidak mau memiliki perpustakaan pribadi, pasti lebih nyaman dan lebih leluasa menghabiskan waktumu di sini, karena yang pasti kamu merancangnya sendiri dan mengisi rak-rak dengan buku-buku khusus dari pengarang yang kamu sukai, wajib deh kamu taruh di daftar list keinginanmu.

Baca Juga :  7 Jurusan Kuliah Kekinian yang Prospek Kariernya Menarik, Ada Bisnis!

7. Perpustakaan dan toko buku merupakan tempat favoritmu. Di mana ada banyak buku disitu para bibliophile berkerumun!

Yang satu ini pasti sudah jelas lah ya, gak perlu jauh-jauh bagi kamu seorang bibliophile kalau ingin bersantai sembari membaca buku, apalagi koleksi buku favorit dari pengarang favoritmu sudah tersedia di perpustakaan dekat rumahmu. Tentu kamu akan semakin betah berlama-lama duduk di perpustakaan menamatkan semua buku itu, yang mana kebanyakan orang menganggap bahwa membaca di perpustakaan adalah hal yang paling membosankan..

8. Kamu senang menandai kutipan-kutipan yang menurut kamu penting dari sebuah buku

Kalau kebiasaan yang satu ini tidak hanya sering dilakukan oleh bibliophile saja. Ketika kamu sedang membaca sebuah buku kemudian menemukan kalimat yang dianggap menarik dan penting pasti kamu langsung menyalin kalimat tersebut ke buku catatan atau harian, iya nggak nih ?

Sumber : Idntimes.com

Komentar