Hai Sobat Info Beasiswa! Siapa dari kalian yang tidak punya perencanaan dalam berkarier? Meskipun sepele, membuat rencana dalam karier adalah hal yang sangat penting, lho. Pasalnya, ini bisa membantu mewujudkan cita-cita dan harapanmu.

Nah, rencana karier ini berperan sebagai petunjuk dan panduan dalam perjalananmu mencapai impian. Sehingga, hidupmu bisa lebih terarah. Berikut 5 alasan pentingnya membuat perencanaan dalam berkarier. 

1. Supaya punya arah karier yang jelas

Alasan pertama kenapa kamu harus buat perencanaan, yaitu supaya punya arah karier yang jelas untuk ke depannya. Bayangkan, jika dari sekarang tidak punya perencanaan, kamu pasti bakal bingung arah kariermu di masa depan.

Bingung mau kerja apa, mau daftar perusahaan mana, tidak punya target yang akan diraih selama bekerja, dan lainnya. Meskipun sepele, membuat daftar rencana ini harus kamu lakukan mulai sekarang. 

2. Mempermudah dalam mewujudkan impian

Alasan selanjutnya kenapa harus buat perencanaan dalam berkarier, yaitu untuk mempermudahmu dalam mewujudkan impian. Sudah dijelaskan bahwa rencana karier berperan sebagai panduan atau petunjuk supaya kita bisa fokus dalam mewujudkan sesuatu.

Hal ini kenapa punya perencanaaan karier bisa mempermudah mencapai pekerjaan impian, tentunya juga diimbangi dengan kerja keras dan usaha yang nggak putus. Oleh karena itu, segera susun rencanamu, ya.

Baca Juga :  Ini 5 Caranya Mengakrabkan Diri dengan Rekan Kerja Barumu

3. Membantu menemukan pekerjaan yang tepat

Kalau dari awal sudah membuat rencana, kamu jadi tahu apa aja skill atau kemampuan yang harus kamu pelajari lebih dalam, bagaimana strategi untuk mewujudkan pekerjaan tersebut, alasan kenapa kamu bekerja dalam bidang itu, dan sebagainya.

Ketika sudah mengenali itu semua, tentunya bisa membantumu menemukan pekerjaan yang tepat. Sehingga, kariermu bisa berjalan sesuai yang diharapkan. 

4. Membantumu untuk mengembangkan diri

Rencana karier ternyata bisa membantumu dalam mengembangkan diri, lho. Ketika sudah menetapkan tujuan jangka panjang mengenai karier di masa depan, kamu jadi termotivasi intuk mengembangkan diri supaya impianmu terwujud.

Kamu jadi tidak takut dalam mencoba sesuatu, berani keluar dari zona nyaman, dan jadi orang yang terus berkembang. Tentu itu sangat bagus untuk masa depanmu, jadi jangan lupa untuk terus mengembangkan diri, ya. 

Baca Juga :  5 Cara Membangun Kepercayaan dan Komitmen di Tim Kerjamu, Terbukalah!

5. Supaya bisa merencanakan pensiun

Terakhir yaitu perencanaan dalam karier membantumu dalam mempersiapkan masa pensiun. Wah, ternyata perencanaan tidak hanya terfokus dalam pekerjaan saja, ya, namun lebih dari itu bisa membantu kita menghadapi masa pensiun di kemudian hari.

Jika kamu berhasil mewujudkan impian dan punya pekerjaan yang cemerlang, dampaknya tidak hanya kamu rasakan saat ini saja, tapi juga berdampak besar di masa tuamu. Kamu jadi punya tabungan pensiun, sudah mempersiapkan jaminan masa tua, punya asuransi, dsb.

Itulah guys, 5 alasan kenapa kamu harus buat perencanaan dalam karier. Jadi, mulai sekarang segera susun rencanamu.

Sumber : Idntimes.com

Komentar