Hai Sobat Info Beasiswa! Siapa nih, yang sudah bercita-cita buka usaha sendiri saja? Bukan cuma karena merasa gak cocok bekerja kantoran, tetapi mungkin kamu punya passion tersendiri seperti jago memasak dan meracik berbagai minuman kekinian.

Nah, kalau kamu sudah ingin banget bikin usaha sendiri, kenapa gak lekas memulainya saja? Bukan berarti tergesa-gesa sih, tetapi lima hal ini penting untuk dipertimbangkan.

1. Mumpung modalnya sudah ada

Sedikit banyak, bikin usaha sendiri memang butuh modal, ya? Entah buat kulakan, sewa tempat, atau paling gak punya ponsel atau kendaraan pribadi biar mobilitasmu lebih gampang.

Nah, kalau sekarang modalnya sudah ada bahkan sudah punya cadangan uang buat mengantisipasi bulan-bulan pertama yang masih sepi, sebaiknya lekas dimulai saja. Ketimbang godaan keburu datang dan modalnya malah terpakai untuk hal-hal lain yang gak penting, kan?

2. Kalau terus ditunda, takutnya makin ragu dan akhirnya gak jadi deh

Ragu dengan yakin itu munculnya sama-sama dari pikiran. Jadi kalau beberapa tahun terakhir sampai saat ini kamu masih yakin banget bakal buka usaha sendiri, belum tentu tahun-tahun mendatang masih seyakin itu, lho.

Bukannya tambah yakin, malah bisa tambah ragu dan akhirnya batal bikin usaha. Alasannya pasti macam-macam. Apalagi kalau masih ditambah ditakut-takuti orang. Jangan sampai kelak menyesal, ya! 

Baca Juga :  5 Kesalahan Fatal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Wawancara Kerja

3. Usaha itu praktik, bukan cuma teori

Ikut berbagai seminar atau pelatihan, sudah. Baca buku-buku tentang bikin usaha sendiri juga sudah. Akan tetapi kalau gak kunjung praktik, usaha impianmu juga gak akan menjadi nyata.

Sayang, kan? Sudah waktunya mengaplikasikan semua teori yang telah kamu pelajari. Mau sampai kapan kamu hanya menimbun teori? 

4. Makin cepat dimulai, makin banyak waktu untukmu memperbaiki berbagai kekurangan dari usahamu

Sekalipun sudah banyak banget teori bisnis yang kamu ketahui, menjalankan usaha tetap gak akan semudah membalik telapak tangan. Banyak banget tantangan yang akan kamu temui di lapangan.

Sebagian besarnya mungkin gak pernah terbayangkan olehmu. Jadi kalau kamu memulai lebih cepat, kamu punya lebih banyak waktu untuk mempelajari kesalahan-kesalahanmu. Biar ke depan usahamu makin berkembang, kan?

Baca Juga :  5 Tanda Kamu adalah Tipe Pembelajar Auditori

5. Biar hasilnya juga lekas kamu rasakan

Beberapa bulan pertama bahkan mungkin setahun pertama memang bisa menjadi perjuangan berat. Modal belum balik, pelanggan setia belum terbentuk, sementara biaya operasional harus tetap dikeluarkan.

Namun sesedikit apa pun, pasti ada juga hasil yang akan kamu cicipi. Itu akan memupuk rasa percaya dirimu. Kamu akan makin optimis usahamu akan bisa bertahan bahkan makin maju.

Syukur-syukur kalau modalmu cepat balik lalu lancar mencetak laba. Dijamin kamu akan makin puas dan yakin pilihan hidupmu gak salah. 

Merintis usaha apa pun memang gak ada yang mudah. Butuh keuletan yang luar biasa. Namun justru karena gak mudah itulah, sebaiknya kamu gak menundanya lagi, ya! Yuk, langsung eksekusi rencanamu!

Sumber : Idntimes.com

Komentar