Hai Sobat Info Beasiswa! Sabar, yakni kemampuan diri untuk menoleransi keadaan atau sikap yang tidak kita inginkan atau sukai, termasuk rela untuk menunggu tanpa ada rasa kesal atau marah, adalah skill penting yang tak semua orang bisa miliki.

Kemampuan seseorang untuk sabar bahkan berkaitan dengan peluangnya untuk sukses dan jadi ciri orang yang memiliki EQ tinggi. Mereka yang sabar, mampu menahan godaan untuk bersenang-senang demi tujuan yang lebih besar.

Disebabkan peran pentingnya dalam kehidupan, perlu sekali agar kamu bisa bersikap sabar. Di antaranya dengan menerapkan cara sederhana ini. Apa saja?

1. Pahami apa yang memicu ketidaksabaranmu

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah pahami dulu dirimu sendiri, yakni dengan memperhatikan hal-hal apa saja yang selama ini sering memicu rasa tidak sabaran. Apakah itu perilaku telat orang lain, atau ketika mereka berteriak.

Jika sudah tahu, coba cari solusi yang efektif supaya ketika menemui pemicu ketidaksabaranmu, kamu bisa tetap tenang. Misalnya dengan menuliskan hal positif, seperti kalau mereka telat, saya bisa gunakan waktu saya untuk baca komik favorit, atau bisa juga dengan berlatih pernapasan supaya kamu gak gampang ngegas.

Baca Juga :  5 Rahasia Skripsi Antidrama Agar Lulus Tepat Waktu, Gak Molor!

2. Belajar untuk ikhlas

Rasa tidak sabar biasanya timbul akibat keinginan untuk meraih apa yang kamu mau sekarang juga, sementara lingkunganmu tak mendukung. Hal ini yang bisa membuatmu rentan stres dan jadi sering marah-marah.

Untuk mengatasinya, coba latih diri belajar ikhlas terhadap kondisi-kondisi yang tidak bisa kamu kendalikan. Dengan begitu, hati dan pikiranmu jadi lebih lapang.

3. Latih rasa syukur

Orang yang tidak sabar, biasanya sulit melihat sesuatu yang positif. Perhatian mereka terpusat pada keadaan yang mendesak dan sisi negatifnya saja.

Padahal urusan sabar atau tidak, sebenarnya terletak pada sudut pandang. Dan setiap hal, situasi terburuk sekalipun, kalau mau mengamati, pasti ada sisi positifnya. Karena itu, coba deh perbanyak syukur dan latih diri untuk melihat sisi positif di tiap situasi. Ini cukup ampuh, lho membuatmu jadi pribadi yang bisa lebih sabar.

Baca Juga: Ingat 5 Hal Ini agar Kamu Tetap Sabar Menunggu Jodoh

4. Melatih dirimu untuk menunggu

Kemampuan untuk bersabar, jika kamu kuasai, bisa membuat hidupmu jauh lebih bahagia. Kamu jadi gak mudah bereaksi terhadap lingkungan atau kondisi yang kamu tak suka. Kamu jadi lebih bisa berpikir jernih dalam tiap situasi.

Salah satu cara supaya kamu bisa lebih sabar, adalah dengan berlatih untuk menunggu. Lakukan saja dari menunggu hal-hal yang sepele dulu, misalnya menunggu beberapa menit sebelum kamu makan enak. Kalau sudah terbiasa, lanjutkan dengan level yang lebih sulit lagi, misalnya menunggu beberapa menit dulu untuk bereaksi ketika menghadapi orang yang sudah membuatmu marah.

Sama halnya dengan otot, yang akan kuat dan kekar lewat proses latihan olahraga, kemampuan otakmu juga. Termasuk di dalamnya skill untuk bersabar. Dengan latihan yang konsisten, kamu pun akan memetik hasilnya nanti.

5. Membuang kebiasaan yang tidak penting

Rasa tidak sabar bisa juga timbul akibat kamu merasa waktu yang dimiliki terlalu sedikit. Dan hal itu dapat terjadi akibat pengelolaan waktu yang kurang baik, yakni banyak melakukan hal-hal yang tidak penting.

Untuk mengatasinya, coba amati kegiatan selama sehari, dari bangun tidur sampai pergi tidur. Lihat hal apa saja yang tidak penting dan menyita waktumu, sehingga ketika kamu harus mengerjakan sesuatu yang penting malah jadi terburu-buru.

Menjadi pribadi yang sabar memang sulit, tapi bukan tak mungkin. Selain membuat kamu jauh dari stres, dengan kesabaran, peluangmu untuk meraih apa yang kamu inginkan juga bisa lebih besar. Karena kamu terlatih untuk konsisten. Selamat mencoba tips di atas!

Sumber : Idntimes.com

Komentar