Hai Sobat Info Beasiswa! Setiap orang pasti ingin punya lingkungan kantor yang sehat. Rekan kerja yang bisa suportif satu sama lain, atasan yang mampu mengayomi pegawainya, dan tentunya hak-hak sebagai pekerja terpenuhi dengan baik.

Namun tidak semua orang beruntung mendapatkan itu semua, kadang malah terjebak dalam lingkungan yang toxic. Nah, supaya hal tersebut tidak terjadi, ini 5 tips menciptakan lingkungan kerja yang sehat. 

1. Membangun komunikasi yang baik

Tips pertama menciptakan lingkungan kerja yang sehat, yaitu dengan membangun komunikasi yang baik. Pastikan komunikasi bisa tetap terjaga dari atasan ke bawahan maupun sebaliknya.

Kalau ada masalah terkait pekerjaan jangan ragu untuk mengkomunikasikannya, jangan malah dipendam sendiri yang akhirnya menimbulkan miss komunikasi. Ingat, di dunia kerja kita nggak bisa bekerja sendiri, maka kamu akan tetap membutuhkan orang lain. 

2. Menciptakan tempat kerja yang senyaman mungkin

Menciptakan lingkungan kerja yang sehat tidak hanya dari kualitas SDM atau pekerjanya saja, namun turut diperhatikan bagaimana lingkungan dan fasilitas kantornya.

Pastikan tempat kerja memiliki pencahayaan yang cukup, fasilitas kantor lengkap, terdapat ruangan outdoor, dsb. Jika lingkungan kerja baik, bekerja pun jadi nyaman sehingga mood kita terjaga kualitasnya. 

Baca Juga : 5 Cara Sederhana untuk Buat Dirimu Lebih Sabar, Ciri Orang EQ Tinggi!

3. Letakkan orang dalam porsi yang tepat

Tips selanjutnya yaitu pastikan seseorang bisa bekerja sesuai dengan job description yang telah ditentukan. Saat melakukan perekrutan, kita sudah tahu bukan orang ini kemampuannya dalam bidang apa, punya passion apa, kelebihan dan kekuranganya yang ia miliki, dsb.

Nah, ketika sudah tahu pastikan seseorang ditempatkan dalam bidang yang sesuai dengan keahliannya. Dengan demikian bisa melakukan pekerjaan secara maksimal. 

Baca Juga :

4. Ciptakan kebersamaan

Tips selanjutnya yaitu menciptakan kebersamaan dalam bekerja. Biasanya kalau sudah di kantor kita bakal sibuk dengan diri sendiri, hingga sering lupa terhadap orang-orang di sekitar.

Nah, supaya tercipta lingkungan kerja yang sehat, cobalah sesekali bikin agenda gathering atau makan bersama dengan teman kantor. Di momen ini, kalian bisa sharing satu sama lain, sehingga bisa mempererat kekeluargaan dalam bekerja. 

5. Menciptakan lingkungan kerja yang tidak sungkan untuk saling berbagi ide

Tips terakhir yaitu menciptakan atmosfir kerja yang orang-orang di dalamnya senang untuk berbagi ide. Di mana satu sama lain tidak sungkan untuk berdiskusi bareng, saling bertukar pikiran, dan berbagi ide untuk kemajuan perusahaan.

Dengan begitu bisa menciptakan tempat kerja yang nyaman bagi para pegawainya. Jadi, mulai sekarang jangan ragu untuk saling bertukar ide satu sama lain, ya. 

Punya lingkungan kerja yang sehat Itu dambaan semua orang. Tapi, tidak semua orang beruntung mendapatkan itu semua. Oleh karena itu, kamu bisa memulai menciptakan atmosfir kerja yang positif, dimulai dari diri sendiri dulu, ya. 

Sumber : Idntimes.com

Komentar