Hai Sobat Info Beasiswa! Bertolak belakang dengan motivasi, demotivasi adalah keadaan di mana seseorang merasa tidak memiliki semangat dan kemauan untuk melakukan apa pun sehingga bisa mengakibatkan stres. Kondisi demikian sangat wajar terjadi kepada siapa pun. 

Demotivasi juga sangat umum terjadi di kalangan pegawai kantoran. Lingkungan kerja, target yang tidak jelas, jobdesk yang tidak sesuai passion atau gaji yang cenderung kecil adalah beberapa contoh penyebab terjadinya demotivasi pada pegawai.  

Orang yang sedang mengalami demotivasi cenderung akan terus merasa lelah dan tidak bergairah. Jangan biarkan kondisi demikian berlangsung lama, kamu harus bisa melawannya. Lakukan lima cara berikut agar lekas keluar dari fase demotivasi yang mengganggu.

1. Hentikan aktivitas sejenak agar bisa beristirahat dengan maksimal

Istirahat yang cukup adalah salah satu cara efektif menangani demotivasi. Rileks dan jangan membebani otakmu dengan pemikiran-pemikiran yang menyulitkan. Tinggalkan pekerjaan sejenak dan istirahat yang maksimal agar bisa lebih produktif nantinya. 

2. Susun ulang target, buat yang lebih menantang

Demotivasi bisa disebabkan karena target yang kurang jelas. Tidak adanya tujuan yang spesifik serta tantangan yang menarik membuat kamu cenderung merasa santai dan terlalu nyaman dengan situasi normal.

Saat kamu dilanda demotivasi, cobalah untuk menyusun ulang target. Kumpulkan sebisa mungkin semangat dan kemauanmu untuk bisa melakukan tantangan-tantangan baru yang lebih menarik. 

Baca Juga :  6 Manfaat Tak Terduga Bikin Perencanaan Karier Selama Kuliah

3. Terapkan self-reward, manjakan dirimu

Demotivasi mengakibatkanmu merasa lelah terus menerus dan mengakibatkan energimu terkuras meski kamu tidak melakukan apa-apa. Oleh karena itu kamu perlu segera keluar dari fase tersebut.

Cobalah terapkan self reward sederhana, semisal menikmati hidangan lezat kesukaan atau membeli produk yang kamu incar. Ini akan berguna untuk membuat kamu merasa lebih baik dan bersemangat kembali. 

4. Jangan terlalu banyak menyendiri, perbanyak interaksi

Saat demotivasi melandamu usahakan untuk lebih sering berinteraksi dengan orang lain. Tujuannya agar kamu tidak terus merasa hampa. Dengan berinteraksi bersama banyak orang, kamu akan terpicu oleh lingkungan sekitar yang dapat meningkatkan semangat motivasimu. Kamu akan merasa tertantang untuk bisa menjadi seperti teman-temanmu bahkan lebih.

Baca Juga :  5 Keuntungan dalam Karier jika Kamu Tahu Caranya Menjaga Relasi

5. Mintalah dukungan dari orang-orang terdekat

Keadaan demotivasi sangat wajar dialami oleh siapa pun dan bisa datang kapan pun. Jadi jangan ragu untuk meminta dukungan lebih dari orang-orang terdekatmu. Mintalah mereka untuk terus mengingatkan dan memberimu perhatian ekstra. 

Demotivasi merupakan fenomena umum yang tentunya akan membuat produktivitasmu terhambat sehingga dapat menyebabkan kekacauan. Oleh karena itu kamu harus segera bangkit dan kembali bersemangat. Yuk, kamu pasti bisa!

Sumber : Idntimes.com

Komentar