Hai Sobat Info Beasiswa! Di masa seperti sekarang, rasa-rasanya hampir semua orang membutuhkan pemasukan tambahan. Salah satu cara yang bisa dicoba tentunya adalah mulai berbisnis atau membuka usaha sendiri. Namun, kendalanya adalah kebanyakan dari kita masih bingung atau sibuk merancang bisnis apa yang ingin ditekuni hingga gak juga kunjung memulai.

Hayo, siapa nih di sini yang sudah punya rencana dari tahun lalu namun gak juga terwujud karena satu dan lain hal? Ada beberapa trik rahasia nih buat kalian yang masih pemula dan ingin merintis bisnis usaha dalam bidang apa pun. Yuk, simak dan terapkan poinnya berikut ini, ya.

1. Jangan berlebihan dalam menyerap teori hingga terlalu banyak pertimbangan

Pertama, kita wajib untuk segera memulai. Banyak belajar dan membaca teori sih boleh-boleh aja, bagus malah. Namun, jika terlalu banyak teori, kita justru jadi semakin takut dan enggan memulai. Semakin lama dipikirkan aja, semakin banyak ketakutan yang muncul. Seperti takut gagal misalnya. Padahal, kamu bahkan belum mencoba. 

2. Pastikan kamu punya perencanaan 

Meski harus segera memulai, namun jangan lupakan bahwa perencanaan juga penting ya. Pastikan kamu punya, paling tidak, hal-hal mendasar dari bisnis yang ingin kamu tekuni tersebut. Seperti misalnya siapa targetnya, di mana kamu ingin berjualan, bagaimana prosesnya, bagaimana pembagian modal dan keuntungannya, dan lain sebagainya. 

Tapi ingat, lagi-lagi kamu gak boleh terlalu banyak berencana aja. Langsung mulai dan jangan ragu, ya. 

Baca Juga :  5 Cara untuk Ciptakan Lingkungan Kerja yang Sehat, Kerja Jadi Nyaman!

3. Jangan takut dan malu untuk promosi

Banyak orang yang merasa malu serta gengsi untuk berpromosi. Katanya sih takut dijadikan bahan ledekan teman atau kerabatnya. Duh, kalau malu terus, kapan bisnis usahanya bisa maju, gengs. Singkirkan rasa malu, tutup telinga rapat-rapat dari komentar yang gak mengenakkan.

Jadikan semua itu motivasi agar kamu semakin bisa berkembang dan memajukan bisnismu sendiri. Tunjukkan kesuksesanmu suatu saat nanti bisa membungkam semua komentar negatif tersebut.

4. Upgrade terus ilmu berdagangmu

Dalam hal apa pun, kita perlu terus belajar termasuk dalam urusan berdagang atau berbisnis ini. Singkirkan rasa malas, contohlah orang-orang yang lebih dulu sukses dan terapkan dalam cara penjualanmu. Jika ada yang gak sesuai, kamu boleh menggantinya dengan strategimu sendiri.

Teruslah mencoba hingga kamu menemukan yang sesuai dengan style dan gayamu sendiri. Dijamin kesuksesan akan semakin dekat. 

Baca Juga :  Di Tempat Kerja Terasa Suram, Tanamkan 5 Pikiran Positif Ini

5. Konsisten dan perbanyak berdoa

Konsisten adalah ilmu utama dalam berbisnis yang gak boleh dilupakan. Ada banyak banget contoh orang yang gagal dalam berbisnis hanya karena mereka gak sabar dan ingin hasil yang instan sehingga mengabaikan konsistensi. Hari ini jualan, besok gak, begitu seterusnya. Padahal, ini bisa bikin bingung kostumer dan mereka jadi gak melirik daganganmu, lho.

Selain itu, semua jalan rezeki sudah diatur sama Yang Maha Kuasa. Tugas kita adalah berusaha semampunya secara maksimal. Sisanya, perbanyaklah berdoa agar apapun usaha yang sedang ditekuni bisa segera lancar dan menghasilkan banyak pundi-pundi rupiah.

Jangan ragu lagi deh kalau kalian mau mulai berbisnis. Semua pasti ada hasilnya jika kita usahakan dengan sungguh-sungguh. Sekarang pertanyaannya adalah, kapan kamu mau mulai?

Sumber : Idntimes.com

Komentar