Hai Sobat Info Beasiswa! Menjadi seorang pekerja kreatif memang memiliki tantangan tersendiri. Terlebih pekerja kreatif yang bekerja secara mandiri. Dia harus punya strategi agar terus mendapatkan job. Meski kadang gak mudah, pekerjaan ini memang sangat menyenangkan bagi yang menyukainya.

Jadi, jika kamu juga sangat tertarik dengan bidang ini, kamu gak perlu gentar. Kamu hanya perlu mengetahui hal-hal yang akan sangat berguna untuk pekerjaanmu nanti. Yuk, simak satu per satu, jangan sampai ada yang terlewat

1. Kesehatan fisik dan psikis

Dua hal ini memang dasar dalam pekerjaan apa pun. Terlebih bagi pekerja kreatif. Susah kan, untuk bisa menemukan apalagi mengeksekusi ide kalau tubuh lagi gak fit? Gak cuma kesehatan fisik, kesehatan psikismu juga perlu diperhatikan.

Memang benar kesedihan, kemarahan, dan berbagai emosi negatif lain yang diakibatkan oleh berbagai masalah juga bisa memantik ide. Akan tetapi itu hanya sejauh kamu masih bisa mengontrolnya. Kalau sudah berlebihan, pikiranmu akan buntu.

2. Konsistensi berkarya

Ini tantangan terbesar bagi seorang pekerja kreatif. Rasanya memang sulit banget untuk bertahan di jalan yang sama saat hasil yang diharapkan gak kunjung tercapai. Di sinilah faktor minat menjadi penentu.

Makin besar minatmu di bidang itu, makin mungkin kamu akan tetap bertahan. Sekalipun itu berarti kamu juga perlu mencari sumber penghasilan lain sebagai penutup kurangnya pendapatan. Namun kalau minatmu sebenarnya gak terlalu besar, kamu pasti akan berhenti.

Baca Juga :  5 Keuntungan untuk Kariermu jika Tekun & Serius dalam Bekerja

3. Jejaring

Bicara jejaring itu bukan hanya mengumpulkan sebanyak mungkin orang dalam lingkaran pergaulanmu. Akan tetapi juga memastikan mereka punya potensi baik untuk pekerjaanmu. Kamu juga harus bisa menjaga hubungan dengan mereka dan kepercayaan yang diberikan.

Jangan sampai sepertinya jejaringmu luas, tetapi ternyata gak memberikan sesuatu yang signifikan untuk kariermu. Alias cuma ramai doang. Ini bahkan bisa mengganggu produktivitasmu, lho!

4. Promosi

Bukan cuma pedagang yang membutuhkan promosi. Sebagai pekerja kreatif, promosi juga wajib dilakukan. Ini bisa dilakukan oleh dirimu sendiri, pihak yang bekerja sama denganmu, atau bahkan orang-orang yang gak kamu kenal.

Misal, jika kamu menerbitkan buku, biasanya penerbit juga akan menggunakan beberapa eksemplar untuk keperluan promosi. Penulis gak mendapatkan royalti dari buku-buku itu. Akan banyak juga orang yang mengulasnya atau menjadikannya bahan penelitian skripsi atau tugas sekolah.

Kamu harus paham banget mana yang penting untuk promosi dan mana yang untuk dikomersialkan. Jangan sedikit-sedikit berpikir kamu rugi. Tanpa promosi, orang gak akan tahu siapa kamu dan apa saja yang bisa kamu buat.

Baca Juga :  5 Cara Sederhana untuk Buat Dirimu Lebih Sabar, Ciri Orang EQ Tinggi!

5. Reputasi

Rekam jejakmu sangat penting untuk menentukan kepercayaan orang padamu. Bagaimana cara membangun reputasi yang bisa bikin pekerjaanmu di bidang kreatif makin maju? Simpel saja, bekerja dengan profesional dan bersikap baiklah.

Kalau hasil kerjamu memuaskan, kamu bisa menjaga kepercayaan orang, sikapmu di dalam maupun di luar hubungan kerja juga terjaga; otomatis kamu akan punya nama baik. Setiap yang kamu lakukan akan menentukan bagaimana dirimu dikenal oleh orang lain.

Sama seperti pekerjaan lain, bekerja di bidang kreatif juga ada senang maupun susahnya. Namun dengan menjaga lima hal di atas, semoga kamu bisa makin berkembang di bidang yang kamu cintai.

Sumber : Idntimes.com

Komentar