Hai Sobat Info Beasiswa! Siapa, sih yang gak pengin bekerja di perusahaan besar, di mana manajemennya sudah bagus, fasilitasnya yahud, gajinya pun memuaskan. Dan inilah yang kerap jadi alasan kenapa bekerja di perusahaan besar jadi incaran para lulusan.

Namun, bukan berarti kamu yang bekerja di perusahaan kecil harus merasa minder. Di bawah ini akan dikemukakan alasannya, kenapa kamu harusnya santai saja jika kebetulan mendapat pekerjaan di perusahaan yang tak begitu dikenal orang. Disimak, yuk!

1. Nama besar perusahaan tidak menjamin kepuasan karyawan

Mirip dengan jodoh yang main cocok-cocokan, begitu juga dengan pekerjaan. Walaupun perusahaan besar memiliki gengsi tersendiri, karena namanya telah dikenal banyak orang, tapi bukan berarti semua karyawan yang bekerja di situ akan puas.

Bisa jadi gajinya memang besar, tapi beban kerjanya gila, dan membuat karyawan di sana seperti hidup untuk kerja saja, karena sulit membagi waktu untuk kehidupan pribadi. Atau fasilitas perusahaannya memang oke, tapi atasannya bikin elus dada tiap hari. Kayak begitu nggak enak juga, kan?

Jadi, kamu gak usah heran kalau melihat ada temanmu yang sudah bekerja di perusahaan multinasional misalnya, tapi memilih resign dan bekerja di perusahaan lain yang levelnya lebih ‘di bawah’ dari perusahaan sebelumnya.

Baca Juga :  6 Kampus Dalam Negeri dengan Lulusan Siap Kerja

2. Perusahaan besar bukan satu-satunya tempat gali pengalaman

Para lulusan baru, biasanya mengincar perusahaan besar, selain untuk gali pengalaman, juga biasanya menawarkan gaji yang tinggi. Namun, untuk kamu yang baru saja lulus, gak harus ngoyo kerja di perusahaan ternama, kok!

Buat kamu yang masih minim pengalaman, kerja di mana pun bisa berguna sebagai tempatmu belajar lebih banyak terkait dunia kerja. Termasuk untuk semakin mengasah soft skill-mu.

3. Atasan dari perusahaan kecil, sama baiknya sebagai panutan

Masa muda adalah masa-masa belajar dan gali pengalaman. Untuk itulah kamu butuh sosok yang mampu jadi panutan atau syukur-syukur bisa jadi mentormu.

Dan kalau kamu sudah mendapati ini di perusahaan tempatmu bekerja, meski bukan perusahaan terkenal, patut kamu syukuri. Malah ada untungnya, karena di perusahaan kecil, umumnya hierarki perusahaan belum begitu kompleks. Sehingga kamu bisa menimba ilmu dari atasanmu langsung.

Baca Juga :  5 Cara Profesional Menunjukkan Skill pada HRD saat Wawancara Kerja

4. Bekerja di perusahaan kecil bisa menantang kreativitasmu

Ada banyak keuntungan bekerja di perusahaan besar. Sistem kerjanya sudah teratur, deskripsi pekerjaannya sudah jelas, dan yang pasti, dari segi keuangan sudah jauh lebih stabil sehingga membuka kesempatan untukmu mendapatkan gaji besar.

Namun, berbagai kelebihan tersebut juga bisa jadi kekurangannya. Karena sistem manajemennya sudah solid, biasanya kamu tinggal mengikuti ritme di sana. Beda halnya dengan perusahaan besar, di mana sistemnya masih lebih fleksibel, sehingga cocok buat kamu yang suka tantangan. Kamu lebih bebas berkreasi untuk menciptakan sistem yang jauh lebih dari yang sudah diterapkan selama ini. Ruang untuk improvement-nya masih tinggi.

5. Sudah bisa bekerja dan memenuhi kebutuhan hidup adalah hal yang patut disyukuri

Terlalu terpaku pada tujuan mendapat posisi di perusahaan ternama, bisa membuat seseorang jadi memandang sebelah mata terhadap perusahaan-perusahaan kecil. Akhirnya tawaran dari perusahaan kecil ditolak, tapi posisi di perusahaan incaran gak dapat. Pusing deh, ujung-ujungnya jadi pengangguran.

Bekerja di perusahaan yang tidak terkenal, tak perlu membuatmu merasa kecil hati. Karena di luar sana masih banyak banget pengangguran yang hanya bisa memimpikan posisimu saat ini. Sudah bisa bekerja, dan dari situ bisa mendapatkan gaji yang berguna untuk memenuhi kebutuhan hidup saja, sudah jadi hal yang patut disyukuri.

Nah, setelah membaca uraian di atas, semoga kamu gak minder lagi ya saat ditanya di mana kamu bekerja. Ayo, tegakkan kepala!

Sumber : Idntimes.com

Komentar