Hai Sobat Info Beasiswa! Investasi itu bisa dari banyak hal, mulai dari investasi pada ilmu, pada emas, surat berharga, bahkan karya cipta sekalipun. Berinvestasi pada karya ternyata jauh lebih menguntungkan. Bukan hanya dari sisi material, tetapi juga dari sisi moral sangat menguntungkan bagi kreator. Tetapi tidak semua karya itu bisa seperti itu. Kamu pasti penasaran bukan karya seperti apa yang bisa dijadikan investasi? Berikut jawabannya!

1. Karya tulis

Sebuah karya tulis bisa membuat kamu mendapatkan pundi-pundi uang bahkan ketika kamu tidur. Seperti membuat artikel contohnya, satu artikel yang kamu buat bisa terus dilihat oleh orang banyak bahkan ketika kamu tidur sekalipun. Lebih menguntungkan lagi apabila kamu adalah seorang penulis buku.

Seperti halnya alm. B.J. Habibie, dimana beliau hingga kini buku-bukunya masih terjual laris bahkan di saat beliau sudah tiada. Nama beliau selalu diingat oleh pembaca. Jadi, di saat material tak lagi ada maknanya, kesan dan ilmu yang kita sampaikan juga akan dikenang baik oleh para pembaca.

2. Desain

Pernah lihat beragam logo keren dari perusahaan-perusahaan besar dunia? Seperti Microsoft, Starbucks, hingga Apple? Desain logo seperti itu, dihargai sangat mahal! Bahkan punya pengaruh yang luar biasa bagi perusahaan hingga kreator logo tersebut. Dimana penghasilan yang besar dan rasa bangga yang akan memberikan kamu kepercayaan diri lebih baik. Selain itu, jika kamu menciptakan sebuah desain dasar, desain tersebut juga bisa dibeli oleh banyak orang. Seperti, desain CV, shapes, dan sebagainya.

Baca Juga : 7 Sikap yang Bisa Bikin Kamu Gagal Lolos Beasiswa, Perlu Dihindari!

3. Konten video

Sebagian dari kita mungkin sudah tak asing lagi dengan kanal berbagi video seperti, YouTube contohnya. Di laman tersebut, kita tidak hanya mendapatkan impresi dari orang-orang yang menyaksikan video buatan kita, tetapi juga pundi-pundi uang yang mengalir seiring ditontonnya video tersebut.

Video yang hanya perlu kamu buat satu kali, dapat terus mengalirkan keuntungan di saat kamu tidur. Semua itu bisa kamu dapatkan apabila kamu memiliki konten yang menarik dan bermanfaat. Jadi, buat kamu-kamu yang masih bingung apa sih untungnya jadi konten kreator video, sudah terjawab kan pertanyaannya!

4. Stock foto

Teman-teman community writer pasti tahu, dong! Stock foto seperti shutterstock? Atau Istockphoto? Laman stock foto tersebut menawarkan beragam foto yang bisa kamu gunakan untuk konten yang sedang kamu buat. Tetapi dari setiap foto tersebut kamu harus membayar agar dapat mengunduh dan menggunakan foto tersebut.

Kamu yang hobi fotografi semestinya dapat memanfaatkan peluang yang satu ini. Dengan meng-upload foto-foto menarik yang pernah kamu abadikan di website seperti di atas. Karena keuntungannya tidak main-main, lho sob!

Baca Juga : 5 Cara untuk Ciptakan Lingkungan Kerja yang Sehat, Kerja Jadi Nyaman!

5. Lagu

Karya yang satu ini tidak semua orang bisa membuatnya, lho! Dibutuhkan keterampilan dan kepekaan terhadap nada agar dapat menciptakan harmoni yang padu. Tetapi, tak ada salahnya juga kita mencoba untuk menciptakan lagu. Karena, selain dapat dijual, lagu juga bisa kita nyanyikan sendiri. Dibuat video, lalu diunggah ke kanal berbagi video. Tapi itupun kalau lagu ciptaanmu disukai banyak orang, ya!

Investasi tak melulu tentang uang yang kamu simpan dan akan bertambah besar di kemudian hari. Tetapi juga tentang apa yang kamu buat dengan keuntungan yang berlipat di kemudian hari. So, don’t stop your action, ya!

Sumber : Idntimes.com

Komentar