Hai Sobat Info Beasiswa! Ngaku aja saat bekerja di bawah tekanan kita pasti sering merasa stres. Gimana tidak, kita jadi terburu-buru untuk menyelesaikan pekerjaan yang ada, tertekan karena keadaan, dan pikiran jadi bercabang. Padahal nih yang namanya bekerja itu dibutuhkan sikap fokus, supaya hasilnya bisa maksimal.

Nah, buat kamu ini lho lima tips biar tetap tenang saat bekerja di bawah tekanan. 

1. Usahakan untuk tetap tenang

Tips pertama saat bekerja di bawah tekanan yaitu usahakan untuk tetap tenang. Bagaimana keadaan yang kamu rasakan saat ini, kesulitan pekerjaan apa yang kamu alami, stresnya pikiranmu, tetaplah untuk tenang. Ya memang sulit, karena biasanya di situasi tertekan pikiran udah gak bisa diajak fokus lagi. Ketika hal ini terjadi padamu cobalah untuk tetap tenang, tarik napas dalam-dalam lalu embuskan, lakukan meditasi sekitar lima menit di sela-sela pekerjaanmu. 

Baca Juga :  7 Sikap yang Bisa Bikin Kamu Gagal Lolos Beasiswa, Perlu Dihindari!

2. Jangan libatkan konflik dengan orang lain

Tips kedua yaitu jangan melibatkan diri terhadap konflik yang gak perlu dengan rekan kerjamu. Jauhi hal-hal yang bisa memicu terjadi masalah, hindari perang argumen bisa memakan waktumu, dst. Terlibat konflik hanya akan menguras pikiran dan membuatmu tambah stres. Oleh karena itu fokus saja dengan apa yang kamu kerjakan supaya tidak menimbulkan masalah lain yang memberatkan pikiran. 

3. Memecah tugas menjadi tugas-tugas kecil

Ngaku aja salah satu faktor yang membuat kita stres bekerja di bawah tekanan itu karena kita langsung menyelesaikan tugas-tugas besar dalam waktu bersamaan. Oleh karena itu coba deh pecah pekerjaan tersebut menjadi tugas-tugas kecil supaya bisa lebih mudah untuk mengerjakannya. Selain itu jangan lupa  menyusun skala prioritas supaya tahu apa pekerjaan yang paling urgent dan yang harus diselesaikan lebih dulu. 

Baca Juga :  5 Cara untuk Ciptakan Lingkungan Kerja yang Sehat, Kerja Jadi Nyaman!

4. Meminta bantuan orang lain, kenapa tidak?

Saat bekerja di bawah tekanan kita merasa semuanya begitu berat. Oleh karena itu gak ada salahnya kalau kamu meminta bantuan pada rekan kerjamu yang lain. Di lingkungan kerja, kita gak bisa bekerja sendiri, tetaplah butuh mereka.

Tapi ingat sebelum meminta bantuan pada rekan kerjamu, kamu harus tahu apakah dia juga tengah sibuk dengan pekerjaannya atau sebaliknya. Jika tidak, kamu bisa meminta bantuan dengan cara ya baik, tapi jangan kamu paksa ya kalau gak bisa. 

5. Jangan paksakan diri, kalau capek istirahat

Tips terakhir supaya bisa tetap tenang saat bekerja di bawah tekanan yaitu kalau badan sudah merasa capek, pikiran sudah gak jernih lagi, jangan pernah paksakan dirimu untuk terus bekerja. Ada baiknya untuk beristirahat sebentar. Ambillah jeda waktu untuk melakukan peregangan, membuat kopi, mengambil camilan, atau tidur.

Nah, setelah keadaan dirasa membaik, badan sudah enakan, pikiran gak sumpek lagi, kamu bisa deh melanjutkan pekerjaanmu. Bekerja keras sih boleh-boleh saja, tapi jangan melupakan waktumu ya. 

Kita seringkali dituntut bisa bekerja di bawah tekanan. Namun nyatanya tidak semua orang mampu bertahan di bawahnya. Oleh karena itu coba lakukan lima tips di atas yang siapa tahu bisa membantumu. 

Sumber : Idntimes.com

Komentar