Hai Sobat Info Beasiswa! Ketika kerja di suatu tempat maka kamu pun hatus berdaptasi dengan lingkungan serta rekan kerja disana, termasuk pada senior yang sudah bekerja lama sebelum dirimu. Namun sangat penting dipahami bahwa menyesuaikan dirimu dengan rekan kerja dan senior bukan berarti kamu dengan mudah langsung mempercayai mereka, ya.

Kamu harus hati-hati dalam mempercayai senior di tempat kerja demi menjaga dirimu sendiri. Kenapa seperti itu? Simak beberapa alasannya di bawah ini.

1. Gak semua senior bersikap adil pada juniornya

Alasannya yang pertama kenapa kamu wajib hati-hati dalam mempercayai senior ialah, karena tidak semua senior memperlakukan junior dengan fair atau adil. Memang tak dapat dimungkiri kalau ada senior yang baik dan rendah hati, namun ada pula yang angkuh dan menerapkan perilaku senioritas pada juniornya. Jadi kehati-hatianmu dalam mempercayai adalah demi kebaikanmu sendiri sebenarnya.

Baca Juga :  5 Cara Profesional Menunjukkan Skill pada HRD saat Wawancara Kerja

2. Jika gampang percaya malah bisa dimanfaatkan, lho

Bisa membantu dan bermanfaat bagi orang sekitar memang suatu hal yang baik, tapi kalau kamu dengan mudahnya percaya pada senior maka bisa-bisa kamu malah dimanfaatkan, lho. Karena dunia kerja tidaklah seindah bayanganmu, ada banyak orang yang di balik sikap baiknya justru malah bermaksud buruk dan memanfaatkan. Jadi kamu mesti hati-hati dan jangan terlalu lugu, ya.

3. Senior juga manusia biasa, ada yang licik dan bermuka dua

Tidak ada manusia yang sempurna, dan jika ada orang baik maka orang jahat pun ada. Maka dari itulah kamu harus hati-hati dalam mempercayai senior di tempat kerja, sebab seniormu juga manusia biasa yang bisa licik atau bermuka dua. Jika kamu terlalu cepat percaya sebelum mengenal pribadinya, maka bisa-bisa kamu malah kecewa nantinya.

Baca Juga :  Bikin Gak Produktif, Ini 5 Cara Atasi Demotivasi Kerja yang Mengganggu

4. Menurunkan tingkat waspadamu bisa menjadi celah bagi mereka untuk menjatuhkanmu

Terlalu mudah dalam mempercayai senior tanpa sadar bisa membuatmu lengah sehingga membuka celah bagi mereka untuk menjatuhkanmu. Apalagi jika sebagai pekerja baru dirimu disukai atasan dan diterima dengan eksklusif, pastinya akan ada banyak yang iri denganmu. Sebuah fakta bahwa dunia kerja itu keras, jadi pandai-pandailah menjaga dirimu sendiri ya!

5. Kamu dan senior sama-sama bersaing dalam karier di tempat kerja

Alasannya yang kelima kenapa kamu wajib hati-hati dalam mempercayai senior ialah, karena kamu dan mereka sama-sama bersaing di tempat kerja. Jangan sampai mereka malah mengambil keuntungan dari rasa percayamu, atau bahkan merebut ide atau hasil kerjamu karena kamu menunjukkannya ke mereka atas dasar percaya. Gak semua orang bisa kamu percaya dengan mudah, terutama di tempat kerja.

Percaya pada senior tentu boleh-boleh saja, tapi kamu juga harus ingat batasannya. Dan jangan mudah mempercayai seseorang di tempat kerja, karena risikonya fatal jika kamu sampai percaya pada orang yang salah.

Sumber : Idntimes.com

Komentar