Hai Sobat Info Beasiswa! Jurusan sastra Indonesia memang kurang diminati para calon mahasiswa. Terbukti dari data jumlah peminat jurusan ini yang lebih kecil dibandingkan jurusan lain. Pagu jurusan di setiap universitas pun terbilang lebih kecil dari jurusan lain. Saat mendengar jurusan ini, kamu pasti merasa asing dan bertanya, kuliah jurusan sastra Indonesia belajar apa? Puisi kah?

Memang saat mendengar kata “sastra” kebanyakan orang akan mengaitkannya dengan puisi. Itu tidak salah, karena puisi memang bagian dari karya sastra. Namun, kuliah di jurusan sastra Indonesia tidak melulu mempelajari puisi. Ada bidang-bidang lain yang tentu tidak kalah menarik untuk dipelajari. Berikut ini ulasannya.

1. Kamu akan bertemu dengan ilmu bahasa atau linguistik

Bahasa menjadi bagian penting yang membentuk suatu karya sastra. Dengan mempelajari ilmu sastra, kamu juga akan mempelajari ilmu bahasa atau linguistik. Linguistik memiliki beberapa cabang, mulai dari fonologi sampai semantik. Mempelajari ilmu bahasa memang tidak semudah yang kamu kira, tetapi cukup mengasyikkan, kok!

2. Kamu juga akan belajar sejarah

Jurusan sastra Indonesia juga mempelajari sejarah, lho. Sejarah yang dibahas tentu berkaitan dengan sastra atau sejarah sastra. Kamu akan mempelajari bagaimana sejarah sastra Indonesia mulai dari Angkatan Balai Pustaka sampai karya sastra terbitan era reformasi seperti sekarang. Kamu pun dapat mengenal tokoh-tokoh sastrawan yang berpengaruh pada masanya.

Baca Juga :  7 Tips Sukses Kuliah di Jurusan Arsitektur, Siap Jadi Arsitek Hebat!

3. Gak cuma bahasa Indonesia, kamu pun akan belajar bahasa asing

Meskipun namanya sastra Indonesia, jurusan ini tidak hanya mempelajari bahasa Indonesia kok. Kamu pun akan belajar bahasa asing, seperti bahasa Arab, bahasa Jawa kuno, dan bahasa Sanskerta. Dengan mempelajari bahasa-bahasa tersebut, nantinya kamu akan dimudahkan untuk meneliti naskah-naskah kuno yang kebanyakan mengunakan bahasa arab, bahasa Jawa kuno, dan bahasa Sanskerta.

4. Ada drama juga lho!

Drama merupakan salah satu jenis karya sastra juga, lho! Jadi gak heran kalau di jurusan ini kamu akan mempelajari drama, mulai dari mengapresiasi drama, membuat naskah drama, sampai menampilkan sebuah pertunjukan drama. Gak cuma menulis, kan? Ternyata jurusan sastra Indonesia juga ada praktiknya.

Baca Juga : 5 Kelebihan Menempuh Studi di Taiwan, Biaya Pendidikan Lebih Murah!

5. Ekranisasi, cocok untuk kamu yang hobi nonton film

.pexels.com/Andrea Piacquadio

Ekranisasi adalah pelayarputihan pengubahan dari novel ke film. Nantinya kamu akan mengaji sebuah film yang diangkat dari novel. Ekranisasi merupakan bagian jadi kajian sastra. Cocok nih buat kamu yang suka nonton film. Bisa sekalian refreshing, deh!

Itulah beberapa hal yang bisa kamu pelajari di sastra Indonesia, jadi bukan hanya tentang puisi ya. Kamu juga mempelajari berbagai hal seperti ilmu bahasa, sejarah, bahasa asing, dan film. Banyak kan? Gimana, apa kamu tertarik untuk masuk jurusan ini?

Sumber : Idntimes.com

Komentar