Hai Sobat Info Beasiswa! Menjadi orang dengan kemampuan banyak bahasa mempunyai banyak keuntungan. Selain mudah mencari kerja, orang dengan kemampuan multilingual juga tidak akan bingung berkomunikasi jika pergi ke negara yang bahasa telah dikuasai.

Meski begitu, belajar bahasa baru tidak semudah seperti berubahnya perasaanmu padaku. Belajar bahasa baru harus disertai kerja keras dan fokus. Belajar bahasa baru tidak boleh sembrono dan harus punya strategi belajar yang membuat kamu bisa menyerap materi dengan lebih efektif.

Untuk itu, bagi kamu yang mau jadi multilingual person bisa ikuti strateginya sebagai berikut.https://68ba0ba438a43c85620cd403d877a76d.safeframe.googlesyndication.com/safeframe/1-0-38/html/container.html

1. Motivasi yang kuat

9HOURS21MINUTES49SECONDS

Motivasi yang hanya setengah-setengah? Atau kamu ingin belajar bahasa baru agar dikatakan keren oleh teman-temanmu? Motivasi yang seperti itu tidak akan membuatmu memiliki progres dalam belajar bahasa baru. Kamu harus mempunyai motivasi bahwa itu adalah hal yang benar-benar kamu inginkan.

2. Ketertarikan terhadap bahasa atau negara yang ingin kamu pelajari bahasanya

Seseorang cenderung akan bersemangat dalam menjalani sesuatu yang membuatnya bersemangat. Dilansir Flash Card Learner, semakin seseorang tertarik dengan sebuah negara semakin mudah motivasi untuk terus belajar bahasa negara tersebut. Semakin ingin tahu sesorang tentang bahasa asing maka hal tersebut akan menjadi sarana bagi mereka belajar bahasa baru.

3. Sering mendengarkan

Kamu bisa mendengarkan bahasa yang kamu pelajari lewat youtube, radio, dengan menonton film, podcast, musik dan lain sebagainya. Hal ini berguna untuk membuat telingamu familiar dengan bahasa tersebut sehingga membuatmu dapat dengan mudah mengingat kata yang kamu pelajari.

Baca Juga :  5 Tips Biar Tetap Tenang Saat Bekerja di Bawah Tekanan, Terapin Yuk!

4. Belajar kosakata dengan cara yang cerdas

Pilihlah kosakata yang sering digunakan terlebih dahulu. Pemilihan kosakata yang sering digunakan akan membantumu untuk belajar secara lebih efektif. Pemelihan kata yang sering digunakan juga akan membuatmu cepat dapat mengerti garis besar makna sebuah kalimat saat kamu melakukan sesi listening maupun reading.

5. Belajar susunan kalimat

Setelah belajar menghafal banyak kosakata, kamu sudah sampai pada tahap merangkai kosakata menjadi kalimat. Kamu harus fokus merangkai susunan kata dan susunan kalimat sesuai bahasa yang kamu pelajari. Hal tersebut dilakukan agar apa yang kamu ucapkan dapat dipahami oleh lawan bicaramu.

6. Praktik berbicara

Walaupun lewat sesi mendengarkan dan membaca membuatmu mengerti bahasa baru, namun hal tersebut tidak dapat mengajarimu mengenai pengucapanmu. Latihlah kemampuan pengucapanmu dengan berbicara kepada dirimu sendiri. Kemudian jika memang sudah sedikit percaya diri mulailah berani berbicara dengan penutur asli lewat platform chatting server internasional.

Baca Juga :  Kebiasaan Positif yang Menunjukkan Bahwa Kamu Akan Meraih Kesukesan

7. Jangan takut membuat kesalahan

Hal yang sangat sering terjadi kepada pemula yang baru belajar bahasa asing adalah takut membuat kesalahan. Menurut penerjemah dari TED, takut membuat kesalahan malah akan membuatmu takut mencoba dan akhirnya akan menghambat kemajuanmu.

Saat kamu berbicara dengan penutur asli bahasa tersebut jangan takut membuat kesalahan, karena mereka pastinya akan membenarkan kesalahanmu dan akan membuatmu mengerti mengenai apa kesalahanmu.

8. Membaca dan menulis menggunakan bahasa yang sedang kamu pelajari

Gunakan sesi membaca dan menulis sebagai mengulang apa yang sudah kamu pelajari. Hal tersebut juga dapat digunakan unruk melihat sejauh mana kemampuan bahasamu.

9. Singkat namun konsisten

Jam belajar yang terlalu lama tidak akan membuatmu cepat menguasai bahasa baru. Jam belajar yang terlalu lama dan tidak konsisten malah akan membuat otakmu kelelahan sehingga akan kesulitan menampung informasi baru. Lebih baik sediakan waktu 1 sampai 2 jam selama 3 sampai 4 hari dalam seminggu untuk belajar bahasa.

Itulah tadi sembilan strategi belajar bahasa baru yang bisa kamu coba praktikkan. Belajar bahasa memang memakan waktu karena memang memberikan waktu bagi otak untuk menyerap berbagai informasi baru. Berikan target dan hadiah kepada dirimu sendiri jika berhasil mencapai target yang telah kamu tetapkan. 

Sumber : Idntimes.com

Komentar