Hai Sobat Info Beasiswa! Kalau mau sukses dan berhasil di dunia kerja maka kamu pun harus tahu bahwa hal itu tidak akan terwujud jika kamu cuma mengandalkan diri sendiri saja, alias penting banget membangun hubungan sosial dan membangun relasi dari berbagai kalangan.

Awalnya mungkin terasa canggung, tapi perlahan-lahan kamu akan tahu betapa banyaknya manfaat jika bergaul dengan banyak orang serta berbagai kalangan di dalam dunia kerja. Lima contohnya ada dalam pembahasan berikut ini, simak baik-baik ya!

1. Agar peluang dalam kariermu semakin terbuka

Rugi banget kalau kamu tidak bersosialisasi selama kamu bekerja. Karena peluang dalam kariermu justru bakal terbuka lebar dengan banyaknya kenalan dan relasi. Apalagi jika berasal dari berbagai kalangan dan bidang yang berbeda-beda. Selalu ada saja peluang dan kesempatan yang terbuka untukmu dengan adanya mereka.

Baca Juga :  5 Konsekuensi yang Akan Dihadapi Jika Kamu Menutup Diri di Dunia Kerja

2. Sebagai teman sharing dan belajar

Lalu alasannya yang kedua kenapa sangat penting bagimu untuk bergaul dengan orang dari berbagai kalangan dalam dunia kerja ialah, karena mereka bisa menjadi teman sharing dan tempatmu untuk belajar. Kamu bisa belajar hal-hal baru yang menarik, atau bahkan berguna sebagai bahan referensimu sendiri. Yang mana kita baru bisa berkembang jika dikelilingi oleh relasi yang tepat.

3. Agar termotivasi untuk sukses

Memang benar bahwa kesuksesan seseorang sangat ditentukan dari seberapa kuat niat dan tujuannya untuk sukses, namun percayalah bahwa kamu juga butuh motivasi dari orang sekitar, dan dalam hal ini ialah rekan serta relasi di dalam dunia kerja.

Dengan mengenal kalangan orang yang di atasmu, kamu pun jadi termotivasi untuk sukses seperti mereka. Begitu pula jika mengenal orang yang di bawahmu yang mengajarkan untuk bersyukur dan terus semangat mengembangkan diri.

Baca Juga :  Ini 5 Dampak Buruk Terus Menerus Bekerja hingga Mengabaikan Waktumu

4. Kenal berbagai macam orang di dunia kerja itu termasuk privilage, lho

Kamu jadi tahu berbagai topik yang berbeda sesuai bidang pekerjaan para kenalanmu, dan juga jadi lebih mudah akrab dengan relasi bisnis yang baru dikenal karena kamu dan dia mungkin berteman dengan orang yang sama. Sehingga kariermu pun jadi terbantu.

5. Pembawaan diri dan komunikasimu jadi terlatih

Kelima, bergaul dengan orang dari berbagai kalangan di dunia kerja sebenarnya berdampak positif untuk dirimu sendiri, yaitu membuat pembawaan diri serta skill komunikasimu meningkat. Kamu gak bakal jadi orang yang kaku kalau punya banyak kenalan di tempat kerja, bahkan jika kamu seorang introver sekalipun. Yang mana hal itu akan memudahkanmu dalam menjalin kerja sama dan membangun hubungan tim yang solid.

Dari lima alasan tadi terlihat jelas kan, bahwa kamu justru bakal rugi banget kalau gak memperluas circle pergaulanmu di dalam dunia kerja. Karena banyak banget untungnya!

Sumber : Idntimes.com

Komentar