Hai Sobat Info Beasiswa! Pemburu beasiswa pasti tahu banget kalau melamar beasiswa itu susah-susah gampang. Memang sih, persyaratannya sudah sangat jelas. Tapi ternyata bukan cuma itu lho yang bisa menentukan kelolosan beasiswa. 

Banyak faktor lain yang juga jadi pertimbangan bagi rekruter beasiswa. Gak cuma segi administratif, lima hal di bawah ini penting banget dikuasai kalau mau cepat tembus beasiswa. Cus, disimak dulu!

1. Kemampuan bahasa asing 

Kemampuan bahasa asing menjadi salah satu hal penting untuk meraih beasiswa. Terlebih jika kamu memilih menempuh studi di luar negeri. Bahasa asing paling dasar yang harus kamu kuasai adalah bahasa Inggris. Kamu bisa mulai mempelajarinya sedini mungkin. Kemampuan tersebut dibuktikan dengan sertifikat keahlian bahasa seperti TOEFL, TOEIC, dan IELTS.

So, kamu bisa menyiapkannya dari sekarang ya guys! Kamu bisa melatih kemampuan speaking dengan terbiasa berbicara bahasa Inggris atau mendengarkan percakapan bahasa Inggris. Sementara kemampuan reading dan writing dapat kamu latih dengan sering membaca dalam teks berbahasa Inggris.

2. Keterampilan menulis yang baik 

Keterampilan menulis yang baik sangat diperlukan untuk menunjang keberhasilan beasiswa terlebih untuk penulisan dalam bahasa Inggris. Sebab banyak beasiswa yang mewajibkan pendaftarnya membuat esai berbahasa Inggris.

Dokumen pribadi seperti personal statement, motivation letter dan sejenisnya perlu kamu tulis dalam bahasa Inggris lho. Dokumen-dokumen akademik juga demikian. Itu berlaku bagi kamu yang mantap memilih tujuan kampus luar negeri, ya. Makanya, itulah kenapa kamu harus punya kemampuan menulis yang andal. Jadi, asah kemampuan menulismu dari sekarang ya!

Baca Juga :  5 Sikap yang Bikin Kamu Disukai Rekan Kerja, Penting Diketahui!

3. Kemampuan public speaking yang mumpuni

Tidak dimungkiri lagi bahwa kemampuan yang satu ini cukup penting untuk mendukung kesuksesan meraih beasiswa impian. Public speaking sebetulnya tidak hanya dibutuhkan untuk beasiswa. Lebih dari itu, public speaking sangat banyak dibutuhkan dalam dunia luas.

Dengan kemampuan public speaking kamu bisa dapat skor bagus dalam seleksi wawancara. Bagi kebanyakan beasiswa, wawancara berperan penting sebagai penentu kelolosan lho!

4. Kemampuan dan pengalaman leadership

Kemampuan leadership biasanya dilihat dari seberapa banyak kamu terlibat dalam organisasi kepengurusan kampus dan seberapa hebat peran kamu dalam soal kepemimpinan. Karena dari sanalah, kemampuan ini bakal banyak terlatih. Kemampuan ini bisa nambahin skor kamu dalam seleksi nanti. Perbanyak ikut event menarik atau kegiatan volunteering akan sangat bermanfaat lho!

Baca Juga :  5 Alasan Kamu Gak Perlu Ragu untuk Berusaha Keras dalam Bekerja

5. Kecerdasan membangun koneksi 

Koneksi di sini maksudnya adalah seberapa hebat kamu bisa membangun sebuah relasi. Saat kamu punya banyak relasi, sama saja kamu punya banyak kesempatan. Kesempatan untuk berkembang lebih baik, lebih jelas dan pastinya lebih cepat.

Rekruter beasiswa akan melihat bagaimana rangkuman aktivitas di CV-mu. Biasanya, mereka yang punya banyak pengalaman organisasi, punya relasi yang luas. Artinya, pelamar tersebut adalah tipikal kandidat yang aktif, komunikatif dan cerdas mencari peluang. Nah, kalau begini rekruter akan lebih mudah jatuh hati kan?

Bagaimana dengan persiapan beasiswa kamu? Sudah yakin punya kelima skill di atas? Yuk, persiapkan dengan matang!

Sumber : Idntimes.com

Komentar