Hai Sobat Info Beasiswa! Keresahan seorang mahasiswa pasti memikirkan terkait bagaimana kehidupannya setelah lulus. Banyak mahasiswa yang ketakutannya jika dirinya tidak bisa mendapatkan pekerjaan sebab peluangnya semakin menipis. Padahal hal tersebut sebenarnya bisa diakali sejak bangku kuliah.

Kamu perlu melakukan berbagai macam kegiatan positif agar nantinya tidak kalah saing dengan fresh graduate lainnya. Ada beberapa hal yang wajib dilakukan agar kamu bisa mudah mendapatkan pekerjaan selepas kuliah. Untuk penjelasan lengkapnya, simak pembahasan ini.

1. Jangan malas untuk memperluas relasi

Tidak bisa dimungkiri bahwa relasi semakin banyak relasi, maka peluangmu untuk mendapatkan pekerjaan akan dimudahkan. Bukan perkara “orang dalam”, namun relasi yang kamu punya dapat memberikan testimoni terkait betapa hebatnya dirimu. Maka dari itu kamu harus mau berteman dengan siapa saja. Namun jangan lupakan untuk tetap mempertahankan citra baik agar orang lain memandangmu positif dalam segi kemampuan, ya!

2. Latihlah side-skill yang bisa membuat lingkup kerjamu menjadi luas

Tidak hanya soal skill utama yang didapatkan saat bangku kuliah, terkadang kemampuan sampinganmu juga merupakan sumber rezeki. Selain itu jika kamu memiliki banyak kemampuan, percayalah bahwa lingkup kerjamu pun akan semakin meluas.

Kamu tidak perlu khawatir apakah skill utamamu nantinya akan berguna dalam dunia kerja atau tidak. Hal itu karena kamu masih memiliki cadangan kemampuan yang dapat membuatmu menghasilkan banyak penghasilan.

Baca Juga :  5 Alasan Kamu Gak Perlu Ragu untuk Berusaha Keras dalam Bekerja

3. Cobalah untuk melatih kemampuan berorganisasi

Kemampuan berorganisasi merupakan sebuah hal yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Apalagi dalam dunia kerja, kamu akan berurusan dengan banyak orang sehingga harus bersikap koperatif. Coba bayangkan jika kamu gak memiliki kemmapuan berorganisasi sama sekali, lantas bagaimana caramu untuk mengatur banyak orang saat menjadi pemimpin? Selagi masih kuliah, ikutlah banyak organisasi yang bisa meningkatkan kualitas dirimu.

4. Perbanyak ikut internship untuk memperbagus CV

Magang merupakan sebuah hal yang harus dilakukan oleh mahasiswa. Tidak hanya untuk menambah kemampuan, hal tersebut bisa juga memperluas relasimu. Akan ada banyak orang dari berbagai macam latar belakang yang nantinya bisa kamu ajak kerjasama.

Selain itu, pengalaman internship juga dapat membuat curriculum vitae-mu pun menjadi bagus. Hal tersebut tentunya nanti akan membuatmu mudah dalam mencari pekerjaan sebab pengalaman yang sudah terverifikasi.

Baca Juga :  Ini 5 Dampak Buruk Terus Menerus Bekerja hingga Mengabaikan Waktumu

5. Belajarlah dengan sungguh-sungguh

Tanggung jawab utama seorang pelajar atau mahasisea adalah untuk belajar. Dengan adanya hal tersebut, kamu harus bersikap totalitas dalam menjalani semua mata kukiah yang wajib dituntaskan. Salah satu contoh bentuk totalitas adalah dengan mengerjakan tugas secara serius dan sekuat tenaga.

Kamu harus rela mengorbankan waktu dan tenaga agar bisa mendapatkan kemampuan yang dapat menunjang kariermu nantinya. Oleh karena itu mulai sekarang jangan pernah setengah-setengah dalam belajar agar skill yang kamu dapatkan bisa maksimal.

Selagi masih kuliah, manfaatkanlah waktumu untuk memperbaiki diri agar perasaan takut akan masa depan bisa hilang. Semangat belajar, ya!

Sumber : Idntimes.com

Komentar